Saleh P Daulay: Jokowi Tidak Perlu Takut dengan Tekanan yang Ada

Foto: Facebook

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) yang juga anggota DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan, semestinya pengumuman nama-nama kabinet itu tidak perlu terlambat. Menurut Saleh, alasannya adalah sesaat setelah diumumkan sebagai pemenang pilpres, Jokowi sudah membentuk tim transisi yang bertugas untuk mempersiapkan berbagai hal. Tentu mungkin termasuk mengusulkan nama-nama calon menteri yang dinilai sesuai kriteria Jokowi-JK.

Selain itu, tambah Saleh, para relawan Jokowi secara beramai-ramai juga telah melakukan “recruitment” terbuka calon menteri melalui jejaring sosial. Ada banyak nama yang ditawarkan. Bahkan, lanjutnya, sudah banyak wacana dan penilaian terhadap calon-calon yang muncul. Di lain sisi, Jokowi sendiri pun menyebut akan mempertimbangkan dan mendengar pengusulan nama-nama tersebut.

“Saya tidak tahu persis apa yang sekarang terjadi di lingkaran Jokowi. Semakin lambat diumumkan, semakin banyak spekulasi dan penafsiran. Salah satunya, dugaan adanya tarik-menarik,” kata Saleh dalam pernyataannya yang diterima sayangi.com, Jumat (24/10).

Saleh menilai, di tengah situasi seperti ini, Jokowi harus mampu menunjukkan independensi dan kewenangannya. Bagaimanapun, menteri yang ditunjuk akan bekerja membantu Jokowi untuk menyejahterakan rakyat, bukan untuk membantu orang-orang yang ada di sekitarnya. Kalau pemerintahan berhasil, itu adalah keberhasilan Jokowi. Sebaliknya, jika pemerintahan gagal, itu adalah juga kegagalan Jokowi.

“Masukan dan titipan tentu harus didengar. Tetapi kewenangan akhir ada di tangan Jokowi. Karena itu, tidak perlu takut dan khawatir dengan tekanan yang ada di kiri kanan,” ujar Saleh.