Preview El Clasico: Meriam Panas Si Putih & Tembok Kokoh Biru Merah

Foto: Indobarca

Madrid, Sayangi.com – Malam nanti kembali tergelar duel panas yang selalu dinantikan publik spanyol dan bahkan dunia yaitu el clasico. Perseteruan sang penguasa tiran yang diwakili tim ibu kota yaitu Real Madrid akan berduel sengit dengan salah satu wilayah penyumbang pemasukan terbesar di negara spanyol yaitu Catalan yang akan diwakili FC Barcelona.

Kondisi Internal

Real Madrid kali ini akan bertindak sebagai tuan rumah di stadion kebanggaan mereka Santiago Bernabeu. Mereka yang sempat mengalami trend buruk di awal musim, saat ini justru sedang dalam kondisi yang cukup baik.

Cristiano Ronaldo semakin menujukkan bahwa dirinyalah mesin gol terbaik di dunia saat ini dengan torehan 15 gol dalam 7 pertandingan terakhirnya. Gaya permainan mereka tidak terlalu berubah banyak dibanding musim lalu bahkan di lini serang justru lebih baik dan variatif seiring masuknya Kross dan James, nama pertama juga membuat aliran bola lebih mulus dan dinamis.

Namun demikian jelang duel panas ini santer kabar beredar Real Madrid tidak dapat diperkuat Bale dan Ramos akibat cidera. Dua pemain yang musim lalu menjadi kunci Real Madrid di partai-partai genting untuk menjadi juara misalnya Final Copa Del Rey dan Final Liga Champions.

FC Barcelona sendiri juga dalam kondisi yang cukup baik, dari 8 kali pertandingan di liga musim ini mereka belum kebobolan sama sekali, hal ini tidak terlepas dari membaiknya lini belakang baik secara permainan maupun datangnya Mathieu yang secara nyata membuat antisipasi lini belakang terhadap bola silang maupun bola mati menjadi lebih baik.

Meskipun sudah berkepala tiga pemain satu ini memiliki kecepatan. Dua wing back Barça saat ini juga kembali menemukan ritme yang seimbang antara menyerang dan bertahan setelah beberapa musim terakhir sering terlambat dalam bertahan, khususnya Dani Alves.

Jika di sisi Real Madrid ada dua pilar yang absen, di Barça justru sebaliknya, sang bintang baru Luis Suarez sudah terbebas dari hukuman dan siap tampil pada pertandingan kali ini. Naamun ada pemain yang masih diragukan adalah Sergio Busquets setelah bebrapa waktu kemarin mengalami cidera, namun masih ada peluang untuk tampil.

El clasico kali ini agak berbeda rasa, bila dimana biasanya Messi selalu dalam argo gol lebih baik ketimbang Cristiano, untuk saat ini keadaannya terbalik. Bila biasanya lini depan Barça lebih baik dari Madrid, saat ini juga kebalikannya.

Namun demikian bila selama ini lini belakang Barça keropos, saat ini mereka cukup tangguh, dan saya yakin pertemuan kali ini mungkin banyak supporter Barça yang percaya diri dengan lini belakang mereka setidaknya ketimbang dua musim terakhir. Jadi sangat sah tajuk el clasico kali ini meriam panas si putih akan melawan tembok kokoh berwarna biru-merah.

Prediksi pertandingan

Luis Enrique sudah berucap bahwa tim akan selalu berusaha menguasai bola selamanya dan tidak membuat kesalahan sekecilpun, itu artinya Barça akan tetap dengan pola tiki-taka. Bila ini terjadi, Madrid pasti akan seperti biasanya menunggu dan melancarkan serangan balik melalui sayatan sayap mereka.

Menarik melihat bagaimana Luis Enrique akan meramu taktik di partai ini, bukan tidak mungkin akan terjadi kejutan dalam line-up Barça. Meletakkan Mathieu di sisi kiri dan menempatkan duet Bartra – Pique di jantung pertahanan bisa jadi pilihan Luis Enrique untuk meredam agresifitas lini belakang Barça mengingat counter attack Madrid sangat mematikan.

Selain itu, terdapat juga opsi untuk mempertahankan Mascherano di posisi DM seperti pada beberapa partai terakhir, dimana ia tampil baik di posisi itu. Selain itu, Masch memiliki karakter yang cocok untuk mematikan Kross selaku otak permainan Madrid.

Dinamo lini tengah untuk ElClasico menurut kami paling tepat diisi oleh Iniesta dan Rakitic. Kombinasi keduanya masih yang terbaik untuk saat ini meskipun Xavi juga berada dalam level yang sangat baik.

Dari semuanya yang paling menarik tentu opsi lini depan dengan hadirnya Luis Suarez. Menurut saya pribadi akan lebih baik bila Luis Enrique tidak memaksakan trisula maut barca saat ini. Luis Suarez masih butuh waktu adaptasi, tapi memberinya menit tampil di el clasico tetap merupakan opsi terbaik.

Jika Neymar, Messi dan Luis Suarez dimainkan bersama terdapat dua opsi terbaik menurut saya. Pertama Messi agak bermain kedalam dan Barça menurunkan tombak kembar dengan Neymar di kiri dan Suarez di kanan. Kedua Messi bermain di wing kanan dan Suarez di tengah. Namun demikian salah satu hal yang cukup menggembirakan adalah, Suarez sudah terbiasa bermain melebar dan mau menjemput bola baik saat di Liverpool dulu maupun timnas Uruguay sehingga variasi lini depan tetap bisa berjalan dengan baik.

Penutup

Duel Clasico kali ini sepertinya akan sedikit berbeda dalam kemasan pertandingan, biasanya untuk pertemuan pertama kedua tim masih sama-sama bermain hati-hati. Berbeda jika ini pertemuan kedua dimana biasanya sudah mulai terbaca siapa yang posisinya lebih baik untuk memenangkan liga sehingga pasti kedua tim lebih ngotot. Ditambah energi yang terkuras di weekday kemarin, el clasico kali ini mungkin tidak sepanjang pertandingan berlangsung dalam tempo cepat. Di sisi lain tensi pertandingan pasti tetap tinggi mengingat ini partai terpanas di eropa bahkan mungkin dunia.

Dengan kondisi kedua tim yang sedang sama baiknya, agak sulit memprediksi hasil akhir elclasico saat ini. Mengingat pertandingan dihelat di Bernabeu dan dengan mempertimbangkan kondisi kedua tim saya pribadi sudah cukup puas bila Barça tidak menderita kekalahan di partai kali ini dan tentu saya berharap banyak Lionel Messi bisa mencetak 2 gol agar ia melanjutkan magisnya untuk mencetak rekor di depan publik santiago bernabeu. (Indobarca)