El Clasico: Real Madrid Sukses Tundukkan Barcelona 3-1

Foto: Reuters

Jakarta, Sayangi.com – Tuan rumah Real Madrid sukses menaklukkan Barcelona 3-1 dalam big match El Clasico Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu (Minggu dinihari WIB).

Meski tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Neymar menit ke-4, Real Madrid bermain gemilang di hadapan pendukungnya setelah berhasil menyamakan kedudukan di akhir babak pertama.

Real Madrid tertinggal lebih dulu ketika Neymar mencetak gol dari jarak jauh memanfaatkan umpan Luis Suarez, pemain Uruguay yang untuk kali pertama kembali ke lapangan setelah menjalani hukuman larangan bertanding dari FIFA.

Selanjutnya, beberapa kali trio Neymar, Lionel Messi, dan Suarez mengamcam gawang Real yang dijaga kiper kawakan Iker Casillas.

Namun, beberapa peluang bagus, seperti ketika Messi mengirim umpan silang kepada Neymar di depan gawang Real Madrid, namun Carvajal berhasil menghadangnya.

Kemudian umpan Messi, yang lolos dari jebakan offside menit 32, gagal diselesaikan Suarez dan bola melambung karena hadangan Sergio Ramos.

Real Madrid lalu mendapatkan peluang melancarkan serangan balik, dan Marcello mencoba mengirim umpan silang dari sisi kanan gawang Barcelona, namun Pique menghadangnya dengan tangan sembari menjatuhkan diri.

Handball Pique berujung hadiah penalti untuk Real Madrid. Cristiano Ronaldo yang mengeksekusi tendangan penalti pada menit 35 berhasil mengeceh kiper Claudio Bravo sehingga skor berubah menjadi 1-1, kedudukan yang bertahan hingga turun minum.

Mengawali babak kedua, Real Madrid bermain lebih agresif dan taktis. Dan tidak butuh lama, Pepe mengantar Real Madrid unggul 2-1 berkat sundulan kerasnya pada menit 50.

Tendangan Ronaldo yang dihadang Pique berujung hadiah tendangan pojok. Toni Kroos, dari titik sudut, melayangkan bola melambung tepat di depan tempat Pepe bediri cukup bebas.

Dengan sundulan keras, Pepe menjebol gawang Claudio Bravo dan disambut riuh pujian pendukung Real Madrid di Bernabeu.

Meskipun Barcelona rajin merajut serangan dengan hati-hati, ancamannya selalu bisa dipatahkan barisan belakang Real Madrid. Sebaliknya Madrid justru produktif dengan serangan balik yang sangat berbahaya.

Sampai kemudian, serangan balik dan kerja sama Ronaldo, James Rodriguez, dan Benzema membuahkan hasil.

Benzema berhasil memperbesar keunggulan Real Madrid menjadi 3-1 atas Barcelona. Umpan bintang muda Kolombia James Rodriguez diselesaikan dengan baik oleh Benzema pada menit 61.

Menit 69 Suarez digantikan Pedro.

Selang beberapa waktu Iniesta terlihat tak bisa meneruskan pertandingan. Kapten Barca yang diserahi ban kapten ketika Xavi ditari keluar ini digantikan oleh Sergi Roberto.

Menit 89 Barca mendapat tendangan pojok yang diambil oleh Rakitic. Namun bola tidak mengarah kepada pemain Barcelona, Marcelo mengambilnya dan mencoba membangun serangan.

Marcelo menggiring bola hingga ke tengah dan memberikannya kepada Ronaldo yang mengembalikan ke Marcelo. Namun, Marcelo salah mengumpan.

Menit 90+2 Lionel Messi mengeksekusi tendangan bebas yang diberikan karena Neymar dijatuhkan di luar kotak penalti. Namun, tendangan Messi melebar.

Dalam hal penguasaan bola, Barca lebih unggul dengan 58 persen, sementara Madrid 42 persen. Sementara Madrid lebih banyak melakukan tendangan ke arah gawang yakni enam kali, Barcelona lima.