DPR Serahkan Pertimbangan Soal Kementerian ke Presiden

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Para pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyerahkan secara resmi pertimbangan terkait perubahan nama-nama kementerian di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu siang.

Pimpinan yang datang adalah Ketua DPR Setya Novanto dan tiga wakilnya, Fadli Zon, Taufik Kurniawan dan Agus Hermanto.

Sementara Presiden Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Presiden dalam konferensi pers bersama mengapresiasi atas pertimbangan DPR yang disampaikan secepatnya setelah dirinya menyampaikan nama kementerisn ke DPR pada 21 Oktober 2014 lalu.

“Kami apresiasi karena sangat cepat direspons dan dijawab untuk kerja kami umumkan kabinet terkait meteri-menteri yang ada. Beberapa hal yang disampaikan yaitu pertimbangan baik mengenai kementerian yang dipecah maupun kementerian yang digabungkan. Saya kira itu yang saya bisa sampaikan,” kata Presiden.

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, pihaknya menghargai atas upaya Presiden Jokowi dalam menunggu surat pertimbangan dari DPR tersebut.

Namun demikian, dirinya berharap Presiden Jokowi juga turut mempertimbangkan dari sisi anggaran, sisi sosial dan sisi politik.

“Dalam hal perubahan-perubahan ini, kami telah sampaikan bahwa perlu dipertimbangkan adanya yang berkaitan money follow function (anggaran menyesuaikan fungsi), dan action follow policy (aksi sesuai kebijakan). Kami mohon pertimbangan yang berimplikasi terhadap masalah anggaran, masalah sosial, dan terhadap masalah politik,” katanya.