Ini Pesan Ceu Popong untuk 8 Menteri Perempuan di Kabinet Jokowi

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Kehadiran 8 menteri perempuan di Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla diapresiasi Anggota DPR dari Partai Golongan Karya Popong Otje Djundjunan. Untuk para menteri perempuan itu, ada pesan dan harapan dari anggota DPR yang memimpin sidang paripurna penentuan pimpinan DPR pada beberapa waktu lalu itu.

“Sebagai seorang perempuan, tentunya saya berterima kasih dan bersuka cita karena secara kuantitas bertambah. Apa secara kualitas juga bertambah kita lihat saja nanti kinerjanya,” kata Ceu Popong, panggilan akrab anggota DPR tertua itu di Jakarta, Senin (27/10).

Perempuan yang menjadi anggota DPR sejak 1987 tersebut mengakui penentuan menteri merupakan salah satu hak prerogatif presiden.

“Tidak ada aturan khusus tentang komposisi perempuan di eksekutif,” katanya.

Ceu Popong mengatakan, sebagai jabatan politis, posisi menteri bisa diisi lelaki maupun perempuan dengan latar belakang beragam. Tapi, katanya, baru kali ini dalam sejarah ada delapan orang perempuan yang duduk sebagai menteri dalam pemerintah.

“Ini sebuah pencapaian tersendiri, kalau menurut saya,” tuturnya.

Ia berharap para menteri perempuan ini, sesuai posisi dan jabatan masing-masing, dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Menurutnya, siapapun itu, baik laki-laki maupun perempuan jika sudah ditempatkan dalam sebuah posisi atau jabatan, harus melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin. Karena, tambah Popong, tanggung jawab itu luas maknanya.

Dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK periode 2014-2019, terdapat delapan menteri perempuan. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani; Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti; dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari; Menteri BUMN Rini M Soemarno; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya; Menteri Kesehatan Nila F Moeloek; Menteri Sosial Khofifah Indra Parawansa; serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.