Studi Terbaru: Bir Mampu Tingkatkan Kesuburan Pria Dua Kali Lipat

Foto: New York Post

Hawaii, Sayangi.com РHasil penelitian terbaru mengemukakan bahwa mengonsumsi setengah botol bir per hari dapat meningkatkan kesuburan lelaki dua kali lipat. Penelitian yang dilakukan Massachusetts General Hospital di Boston tersebut melibatkan 105 lelaki berusia rata-rata 37 tahun dan memiliki pasangan yang sedang menjalani IVF (program bayi tabung) antara 2007-2013. Penelitian ini dipresentasikan pada konferensi American Society for Reproductive Medicine tahunan di Hawaii. Demikian seperti dilansir dari laman The Daily Telegraph, Selasa (28/10/2014).

Dari hasil analisa kepada seluruh partisipan, disimpulkan bahwa lelaki yang mengonsumsi setidaknya 22 gram alkohol setiap hari, memiliki kemungkinan dua kali lipat lebih besar menjadi seorang ayah.

Selain menganalisa kehebatan bir, penelitian ini juga menunjukkan pengaruh buruk dari kafein untuk kesuburan. Lelaki yang mengonsumsi lebih dari 265 gram kopi per hari disinyalir sulit untuk memiliki anak.

Peneliti utama, dokter Anatte Karmon menyimpulkan bahwa konsumsi alkohol mampu meningkatkan kesuburan lelaki, sedangkan konsumsi kafein justru dapat membahayakan bagi lelaki yang ingin segera dikaruniai anak.

“Kandungan kafein tinggi yang terdapat dalam tubuh seorang pria dapat mengurangi kemungkinan pasangan untuk hamil klinis, sementara mengonsumsi alkohol nampaknya akan memberikan peluang kepada laki-laki untuk menjadi ayah,” ujar Dr Anatte Karmon, peneliti utama yang juga seorang dokter kandungan di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, Amerika Serikat.

Kendati demikian, sang dokter menyarankan, laki-laki tetap harus menjaga pola hidup mereka sesehat mungkin jika mereka berharap untuk menjadi ayah.

“Segala sesuatu yang baik untuk kesehatan jantung Anda juga baik untuk kesuburan,” kata Dr Karmon.

“Jadi melakukan latihan fisik dan makan diet seimbang,” imbuhnya.

Studi ini menemukan bahwa baik kafein atau alkohol mempengaruhi jumlah sperma, bentuk atau seberapa baik mereka berenang. Dan ditemukan adanya efek kadar kafein dan alkohol dengan kemungkinan memiliki bayi.

“Saya tidak melihat alasan untuk menyarankan pasangan yang sedang mencoba program bayi tabung untuk minum alkohol, tetapi mereka jelas perlu minum alkohol,” ujar Dr Allan Pacey, dosen senior andrologi di Universitas Sheffield.

Dan disarankan, jika pasangan wanita sudah hamil, para pria perlu berhenti baik mengonsumi minuman alkohol, ataupun cafein untuk memastikan perkembangan bayi tidak dirugikan.

“Fakta bahwa konsumsi kafein dalam pasangan laki-laki dapat mengurangi hasil IVF adalah menarik dan perlu eksplorasi lebih lanjut,” tandas Allan. (SIS)