Ahok Sesalkan Ara, Rieke dan Eva Tak Masuk Kabinet Kerja Jokowi

Foto: Sayangi.com/Emil

Sayangi.com – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyesalkan tiga politisi PDI Perjuangan, yakni Maruarar Sirait (Ara), Rieke Dyah Pitaloka, dan Eva Sundari tak masuk dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang dilantik kemarin (Senin, 27/10). Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, mereka bertiga loyal kepada partai dan berada di balik kemenangan Jokowi sebagai Presiden RI. Tiga politisi itu digadang-gadang bakal menduduki jabatan menteri di dalam kabinet Jokowi-JK.

“Saya kira kan Bu Eva, Rieke, dan Ara kan salah satu yang terbaik yang kita punya secara politisi. Mereka juga sangat all out bantu pak Jokowi,” kata Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa (28/10).

Sebelumnya, nama Eva digadang-gadang bakal menjadi Menteri Sosial dalam kabinet Jokowi-JK oleh beberapa lembaga survei. Jokowi akhirnya menunjuk Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial.

Kemudian, Rieke Dyah Pitaloka oleh beberapa lembaga survei dijagokan menjadi Menteri Tenaga Kerja (Menaker). Jokowi pun menunjuk politisi PKB Hanif Dhakiri menduduki jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Muhaimin Iskandar.

Sementara, nama Maruarar menjadi sorotan menjelang pengumuman kabinet. Ia masuk dalam daftar nama yang diundang ke Istana Merdeka, tetapi sampai pengumuman dimulai pukul 17.00 WIB, ia tidak tampak menandatangani daftar hadir. Ara sempat disebut-sebut sebagai calon Menkominfo. Namun, saat menyampaikan nama-nama menteri pilihannya, Rudiantara yang dipilih Jokowi menjadi Menkominfo.

“Bagi saya sayang saja, tiga orang yang begitu baik tidak masuk ke kabinet. Tapi itu kan hak prerogratifnya Presiden,” tandasnya