Khofifah: Bantuan Sosial Akan Disalurkan Satu Pintu

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan bantuan sosial selanjutnya akan disalurkan lewat satu pintu.

“Arahan Presiden kemarin bansos di satu pintu, tapi belum ditunjuk pintu mana,” kata Khofifah usai serah terima jabatan dengan Menteri Sosial periode 2009-2014 Salim Segaf Al Jufri di Jakarta, Selasa.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, ia menjelaskan, program bantuan sosial seharusnya tidak tersebar di 19 kementerian/lembaga seperti sekarang supaya pelaksanaannya lebih mudah diawasi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah mengusulkan agar bantuan sosial hanya satu pintu yaitu melalui Kementerian Sosial.

Terkait kesiapan Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial, Khofifah menjelaskan bahwa sistem pelayanan di Kementerian Sosial sudah terintegrasi.

“Semua ada di sini, ada Dirjen Rehabilitasi Sosial, Dirjen Pemberdayan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan serta Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial,” katanya.

Namun tergantung jika nanti bansos fokus ke bidang tertentu seperti kesehatan, pendidikan sudah ada leading sector masing-masing, tambah Khofifah.