Edi Sukmoro Gantikan Ignatius Jonan Sebagai Dirut PT KAI

Foto: Sayangi.com

Jakarta, Sayangi.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) punya “masinis utama” baru alias direktur utama baru, namanya Edi Sukmoro, menggantikan Ignatius Jonan, yang kini menjadi menteri perhubungan pada Kabinet Kerja.

Sukmoro menerima jabatan barunya itu dalam seremoni serah-terima jabatan antara dia dengan Jonan, disaksikan Menteri BUMN, Rini Suwandi, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu. Masa bakti dia adalah 2014-2019.

Sukmoro sebelumnya menjabat Direktur Pengelolaan Aset Nonrailways PT KAI (Persero), jadi dia bukan orang baru di perkeretaapian nasional.

“Penetapan Edi sudah melalui serangkaian uji kelayakan dan kepatutan termasuk meminta masukan dari Pak Menteri Perhubungan,” kata Rini.

Sementara itu Sukmoro menuturkan akan meneruskan program-program dirut sebelumnya yang memang sudah sangat bagus.

“Intinya kami siap dan selalu melayani masyarakat dengan menciptakan keamanan dan kenyamanan pengguna kereta api,” katanya.

Dia juga menyampaikan siap mempertahankan performa keuangan yang sudah ditorehkan Jonan. “Posisi keuangan KAI terus tumbuh. Saya tinggal melanjutkan saja,” katanya.

Sukmoro mulai masuk KAI sejak Januari 2013. Pria kelahiran Semarang, 15 Maret 1959 ini, sebelumnya berkarir di PT PLN dengan jabatan terakhir direktur umum dan manajemen. Dia lulus kuliah dari ITB dan melanjutkan program S2 di The University of Melbourne, Australia.