Tundukkan Persela 4-1, Persipura Melangkah ke Semifinal ISL

Lamongan, Sayangi.com – Persipura Jayapura berhasil mengalahkan tuan rumah Persela Lamongan dengan skor telak 4-1 untuk memastikan lolos ke babak semifinal kompetisi Indonesia Super League.

Empat gol Persipura pada laga yang berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur, Rabu (29/10/2014) petang, masing-masing dicetak kapten tim Boaz Salossa menit ke-6, Ian Louis Kabes menit ke-40 dan 52, serta Roberto Pugliara menit ke-90.

Sedang satu-satunya gol hiburan tuan rumah dihasilkan melalui Addison Alves pada menit ke-34.

Dengan hasil ini, Persipura tampil sebagai juara Grup K dengan nilai 12, disusul Arema Cronus di urutan kedua dengan nilai 11 yang juga lolos semifinal setelah menahan imbang Semen Padang dengan skor 2-2 pada laga yang digelar dalam waktu bersamaan di Padang.

Tuan rumah Semen Padang yang membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tiket empat besar, harus puas berada di peringkat ketiga dengan nilai 10, sementara Persela di posisi juru kunci mengemas nilai 1.

“Kami menjalani persiapan dengan bagus menghadapi laga menentukan ini dan bersyukur bisa meraih hasil maksimal. Kami pernah kalah di Lamongan pada babak reguler, tetapi hari ini Persela tidak bermain seperti biasanya, sehingga kami bisa lebih menekan,” kata asisten pelatih Persipura Mettu Duaramuri usai pertandingan.

Pada laga di Stadion Surajaya Lamongan, tuan rumah Persela yang sudah tidak memiliki peluang masuk empat besar, tampil lesu darah dan sempat kesulitan mengimbangi tekanan Persipura yang mengandalkan permainan cepat.

Kapten tim Persipura Boaz Salossa mencetak gol cepat saat laga baru berjalan enam menit melalui tendangan jarak dekat dari gawang Choirul Huda.

Tidak ingin malu dan menjadi bulan-bulannya juara bertahan Persipura, tuan rumah berusaha keluar dari tekanan dan mampu menyeimbangkan skor lewat Addison Alves di menit ke-34.

Akan tetapi, hanya berselang enam menit, Ian Louis Kabes kembali membawa “Mutiara Hitam” memimpin usai meneruskan umpan Boaz Salossa dan keunggulan itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada awal babak kedua, Persela hampir mencetak gol, namun bola sepakan Danu Rosade masih membentur mistar gawang Yoo Jae Hon.

Persipura kembali menjauh ketika Louis Kabes membukukan gol keduanya ke gawang Choirul Huda pada menit ke-52 dan Roberto Pugliara menutup pesta gol ke gawang Persela pada menit akhir babak kedua.

“Sekali lagi, saya minta maaf kepada suporter LA Mania karena gagal membawa Persela ke babak empat besar. Seluruh pemain sudah berjuang dengan maksimal,” kata pelatih Persela Eduard Tjong, yang langsung menyatakan mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegagalan tersebut.