Rini Soemarno: Pasokan BBM Cukup Hingga Akhir Tahun

Jakarta, Sayangi.com – Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi mencukupi sampai dengan akhir tahun 2014.

“Kemarin (Kamis, 30/10), saya bicara dengan Direksi Pertamina, pasokan cukup. Tidak ada masalah. Jadi, tidak ada masalah,” kata Rini, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat.

Menurut Rini, kesiapan BBM cukup baik, sehingga tidak melihat kemungkinan kekurangan.

“Saya cukup tenang karena pasokan BBM tersedia,” ujarnya.

Meski begitu, Rini yang baru dilantik 27 Oktober 2014 sebagai menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019 ini menuturkan, jika pengelolaan pasokan BBM tidak hati-hati maka kemungkinan akan ada kekurangan.

“Tetapi kalau dilihat kemarin setelah saya bicara dengan Pertamina, pasokan cukup,” ujarnya.

Rini melanjutkan, persoalan pasokan BBM, Presiden Joko Widodo menekankan bagaimana mulai mengalihkan subsidi dari subsidi konsumsi ke produksi, salah satunya dengan kartu rekening.

“Hal ini semuanya tergantung dari diri kita sendiri, apakah kita dapat mengalihkannya. Kalau dilihat dari APBN kita sekarang, memang berat sekali, ditambah dengan harga minyak saat ini,” ujarnya.

Pemerintah diketahui sudah mengunci kuota BBM subsidi sebesar 46 juta kiloliter sampai dengan akhir tahun 2014. Sementara itu pemerintahan Jokowi juga mengisyaratkan akan menaikkan harga BBM bersubsidi sebelum 1 Januari 2015. (An)