Hasto Kristianto Ditunjuk Sebagai Plt Sekjen PDIP Gantikan Tjahjo

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri telah menunjuk Hasto Kristiyanto sebagai Plt. Sekjen menggantikan Tjahjo Kumolo yang mundur setelah ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) oleh Presiden Joko Widodo.

“Ibu Ketua Umum menetapkan Wakil Sekjen Hasto Kristiyanto sebagai pejabat Sekjen,” kata Tjahjo Kumolo di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, dirinya telah berkonsultasi dengan Megawati seusai Presiden Joko Widodo melantik Kabinet Kerja pada Senin (17/10) lalu.

Selanjutnya, sehari pascapelantikan Kabinet Kerja, Tjahjo mengajukan surat pengunduran diri dari posisi sebelumnya sebagai Sekjen PDIP ke Megawati.

“Pada 28 Oktober 2014, saya mengajukan resmi pengunduran sebagai anggota DPR kepada Ibu Megawati, ketua fraksi, dan partai dapat segera menetapkan PAW pengganti saya,” jelasnya.

Sedangkan keputusan penunjukan Hasto sebagai Plt. Sekjen PDI Perjuangan, kata Tjahjo, diputuskan Megawati dalam rapat pleno DPP yang digelar Kamis (30/10).

Agenda pleno itu adalah menyetujui penonaktifan Tjahjo dari kepengurusan DPP PDIP, sekaligus menunjuk Hasto sebagai Plt. Sekjen PDI Perjuangan.