Jokowi Bantah Pernyataan JK Soal Rencana Kenaikan BBM Bulan Ini

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com –  Presiden Jokowi membantah pernyataan Wapres Jusuf Kalla yang menyebut akan ada kenaikan harga BBM bulan November ini.

“Kabarnya siapa itu? Kabarnya-kabarnya. Ini belum diputuskan,” kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, Senin, (3/11).

Presiden juga menyebut bahwa kartu-kartu sakti yang diluncurkannya, KIP dan KIS bukanlah kompensasi jelang kenaikan harga BBM. Ia enggan menyebut waktu pasti pemerintah tetapkan kenaikan harga tersebut.

“Ini untuk menjaga daya beli dan yang jelas untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Waktunya tidak bisa saya sampaikan. Ini kan urusan membagikan untuk kesejahteraan,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan sinyal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan dilakukan bulan November 2014 ini.

“Pokoknya kenaikan harga BBM bulan inilah,” kata Jusuf Kalla kepada pers di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (3/11).

Saat ini, kata JK, Pemerintah masih menunggu penyebaran Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada seluruh masyarakat yang memang berhak menerima. Ia mengatakan, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) adalah mengalihkan subsidi dari konsumsi ke produktif, yaitu dari masyarakat yang selama ini mampu ke masyarakat yang kurang mampu.

“Sekarang ini kan subsidi kita berikan kepada orang yang punya mobil. Itu yang akan kita ambil dan akan kita alihkan subsidi tersebut ke rakyat yang kurang mampu,” kata Jusuf Kalla.