Rieke Yakin Jokowi Tidak Akan Ambil Jalan Pintas Naikkan BBM

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Angota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka masih meyakini bahwa presiden Joko Widodo tidak akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Rieke memaparkan, APBN 2014 yang dibuat pemerintahan SBY sebesar Rp 1,876,872.7 triliun. Dari dana itu, sekitar Rp 246,494.2 triliun, atau 14,4 persennya, digunakan untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM). Artinya, masih ada 85,6 persen yang harus disisir secara seksama, apakah misalnya sudah sampai untuk kebutuhan rakyat atau justru menjadi bancakan para pemburu rente.

“Apapun, dengan alokasi 14,4 persen untuk subsidi BBM adalah tidak bisa dijadikan penyebab defisit APBN,” kata Rieke, Selasa (4/11).

Rieke kembali menegaskan, postur APBN 2014 dibikin oleh pemerintahan SBY. Sementara pemerintahan Jokowi yang baru berusia dua minggu tentu tak bertanggung jawab atas salah alokasi APBN 2014. Namun, tentu tak berarti Jokowi harus lari dari akibat postur APBN 2014 buatan SBY.

“Jokowi adalah solusi. Kalaupun ada devisit, saya masih yakin, Pemerintah Jokowi tak akan cari jalan pintas. Ada alternatif-alternatif yang bisa dilakukan selain mencabut subsidi BBM. Belum ada bukti pencabutan subsidi BBM dengan kompensasinya seperti BLT dan BLSM pasti akan membuat rakyat sejahtera,” ujar Rieke.