Kritik Guru di Facebook, Siswa SMA Diberhentikan Sekolah

Pekanbaru, Sayangi.com – Seorang siswa Sekolah Menengah atas (SMA) Negeri di Pekanbaru dikeluarkan dari sekolahnya gara-gara mengkritik gurunya lewat media sosial. Reksa Dirgantara Putra (17), siswa SMA Negeri Bunga Raya, Siak, Riau, yang menuliskan status mempertanyakan kedisiplinan gurunya karena suka terlambat datang mengajar ke sekolah.

“Siswa terlambat dihukum, kalau guru datang lambat tidak masalah,” tulis Reksa dalam status yang diunggah ke akun Facebook miliknya.

Orang tua Reksa, Sudiwarto mengatakan, status yang ditulis reksa membuat pihak sekolah malu.

“Pihak sekolah memberhentikan anak saya karena mereka merasa malu dengan status yang dibuat siswanya di Facebook. Ia diberhentikan kemudian dipindahkan ke sekolah lain,” kata Sudiwarto kepada wartawan, Senin (3/11).

Sudiwarto mengatakan, seharusnya pihak sekolah lebih dulu memberitahu Reksa, bukan langsung menjatuhkan sanksi keras. Apalagi, sekolah memberhentikan Reksa tanpa memberitahu orangtuanya.

“Silakan saja mereka memberhentikan anak saya. Namun, sebelum pihak sekolah lakukan, tolong memberitahukan dan melibatkan kami orangtua soal masalah apa yang dilakukan anak kami di sekolah,” sambungnya.