Menangi Pemilu Sela, Republik Hampir Pasti Kuasai Legislatif AS

Washington, Sayangi.com – Republik kian dekat menjadi mayorits di Senat AS di mana dalam Pemilu sela yang mulai dihitung hasilnya Selasa setempat atau Rabu WIB, berhasil merampas lima kursi dari Partai Demokrat yang menjadi asal Presiden Barack Obama.

Di Colorado, kandidat Senat dari Republik Cory Gardner menyisihkan incumbent Demokrat Senator Mark Udall, sehingga Partai Republik di ambang mencapai mayoritas di Senat yang total berkursi 100.

Republik hanya butuh enam kursi untuk menguasai Senat yang saat ini dikuasai Demokrat.

Berbagai proyeksi televisi AS menunjukkan bahwa para kandidat Republik akan sukses mengalahkan calon-calon Demokrat di Montana, Arkansas, South Dakota dan West Virginia.

Di majelis rendah atau Dewan Perwakilan Rakyat, Republik juga diperkirakan akan makin mencengkeramkan dominasinya dengan menambah kursi mayoritasnya.

Para analis memperkirakan Republik akan mengusai baik DPR maupun Senat yang adalah untuk pertama kalinya sejak 2006 dan ini akan membuat ruwet dua tahun terakhir masa pemerintahan Obama.

CBS News memperkirakan Republik akan menguasai paling sedikit 226 dari 435 kursi DPR, sedangkan NBC menaksir angka 242 kursi.

Dalam perebutan kursi Senat, calon Republik di West Virginia Shelley Moore Capito sukses mengisi kursi lowong yang ditinggalkan Senator Demokrat Jay Rockefeller yang menyatakan pensiun.

Di Arkansas, calon senator Republik Tom Cotton mengalahkan Senator incumbent dari Demokrat Mark Pryor, padahal negara bagian ini adalah asal dari mantan presiden asal Demokrat, Bill Clinton.

Di South Dakota, kandidat Republik Mike Rounds mengalahkan calon Demokrat Rick Weiland untuk mengambil kursi lowong yang ditinggalkan Senator Demokrat yang pensiun, Tim Johnson.

Montana juga akan menjadi milik Republik saat Steve Daines diperkirakan mengalahkan calon Demokrat Amanda Curtis, padahal sebelumnya kursi ini menjadi milik Demokrat.

Di Kentucky, ketua minoritas Senat republiken Mitch McConnell juga terpilih kembali, sedangkan pertarungan di North Carolina dan Georgia masih berlangsung seru.

Di North Carolina, Kay Hagan dari Demokrat berjuang untuk dipilih kembali melawan calon Republik Thom Tillis.

Namun di Georgia, kursi Senat diperebutkan tiga kandidat meliputi David Perdue dari Republik, Michelle Nunn dari Demokrat dan Amanda Swafford dari Libertarian.

Di Louisiana, incumbent dari Demokrat Mary Landrieu bertarung melawan calon Republik Bill Cassidy.

Di New Hampshire, senator incumbent dari Demokrat Jeanne Shaheen terpilih kembali setelah menyisihkan mantan senator Republik di Massachusetts Scott Brown.

Di Virginia bertarung seru antara Senator Mark Warner dari Demokrat melawan kandidat Republik Ed Gillespie, demikian AFP.

Legislatif AS atau Kongres terdiri dari dua kamar, yakni Senat dan DPR (di Indonesia, DPR RI dan DPD). Senat beranggotakan 100 senator, sedangkan DPR atau House of Representatives beranggotakan 435. (An)