Presiden Jokowi Sabtu Sore Tiba di Beijing

Foto: Ant

Beijing, Sayangi.com – Presiden RI Joko Widodo tiba di Beijing pada Sabtu sore untuk menghadiri pertemuan ke-22 para pemimpin ekonomi Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing pada 10-11 November 2014.

Pesawat kepresidenan yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan mendarat di Bandara Internasional “Capital” Beijing disambut Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo dan perwakilan Pemerintah Tiongkok.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja pertamanya ke luar negeri itu antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Wakil Ketua DPD GKR Hemas dan putri presiden Kahiyang Ayu.

Setelah beristirahat sejenak, Presiden dan rombongan menuju hotel untuk beristirahat, sebelum melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Minggu (9/11).

Kepala negara juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Perdana Menteri Jepang Sinzho Abe.

Selain memperkenalkan diri sebagai presiden baru Indonesia, akan dibahas pula pekembangan hubungan serta kerja sama Indonesia dengan masing-masing negara. Indonesia merupakan mitra strategis komprehensif bagi Tiongkok, AS dan Rusia.

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan menghadiri pertemuan ke-22 pemimpin ekonomi APEC beserta dengan 20 pemimpin lainnya.

Pada kegiatan itu, Presiden Jokowi akan berbicara arsitektur kawasan dan poros maritim.

Rangkaian KTT APEC 2014 diawali dengan pembahasan final di tingkat pejabat senior (CSOM) pada 5-6 November, dilanjutkan dengan pertemuan ke-26 tingkat menteri negara ekonomi APEC (AMM) pada 7-8 November, dan pertemuan ke-22 pemimpin negara ekonomi APEC (AELM) pada 10-11 November.

Selama satu pekan tersebut juga dilakukan APEC CEO Summit yang dihadiri sejumlah pimpinan perusahaan terkemuka 21 negara ekonomi APEC, dan APEC Business Advisory Council (ABAC).

Selain kegiatan tersebut, diadakan pula kegiatan kunjungan ke kawasan industri di Tianjin, demikian dilaporkan kantor berita Antara.