DPP PDIP Tetapkan M Giri Ramanda Sebagai Ketua DPRD Sumsel

Jakarta, Sayangi.com – Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) akhirnya menetapkan HM Giri Ramanda N Kiemas sebagai Ketua DPRD Sumsel periode 2014-2019. DPP PDI-Perjuangan resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang penunjukan Giri sebagai Ketua DPRD Sumsel yang diajukan oleh partai banteng bermoncong putih tersebut.

Giri sendiri menyisihkan nama Fahlevi Maizano dan M Aliandra Gantada, yang juga sempat diajukan sebagai calon ketua. Sebelumnya, satu bulan lebih jabatan Ketua DPRD Sumsel Sementara dipegang oleh M Aliandra Gantada.

Dengan demikian, pimpinan DPRD Sumsel secara definitif sudah lengkap dengan Ketua HM Giri Ramanda N Kiemas (PDI-P), tiga Wakil Ketua DPRD Sumsel yakni H. Chairul S Matdiah SH MH (Partai Demokrat), H.M Yansuri (Golkar) dan Novran Marjani (Gerindra).

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR-RI asal sumsel fraksi PDIP Yulian Gunhar ketika diminta komentarnya mengenai keputusan DPP PDIP perihal penetapan pimpinan DPRD Sumsel mengatakan dirinya tidak kaget.

“Tidak kaget, biasa saja. Beliau memang layak dan pantas. Giri sosok kader muda yang sangat Ideologis, cerdas, berwawasan internasional dan konsisten dalam pergerakan dan perjuangan ideologi. Bukan berarti kita mengabaikan yang lain nya,” kata Yulian di Jakarta, Senin (10/11).

Gunhar mengakui dirinya sangat menghormati Giri. Menurutnya, Giri telah teruji dan terbukti dalam mengemban tugas sebagai ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Pileg dan Pilpres. Ia tidak mempermasalahkan soal junior atau senior.

“Junior…? Tidaklah, bukan soal senior atau junior. Justru ini moment yang tepat, krn PDIP butuh regenerasi, kaderisasi. Beliau sudah menjadi anggota DPRD sumsel tiga periode, siapa bilang junior? Justru mereka yang sudah empat periode seharusnya naik ke DPR-RI, jangan kelamaan di daerah, kasian yang lain,” tegas Gunhar yang juga mantan wakil Ketua DPRD Ogan ilir dua Periode.

Ketika ditanya soal menyisihkan nama Gantada dan Pahlevi Meizano sebagai ketua DPRD sumsel, kader yang lbh senior, Gunhar menampiknya.  

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Bung Giri, semoga amanah dan sukses dalam menjalankan tugas,” tutup Gunhar.

Untuk diketahui, HM Giri Ramanda N Kiemas adalah anak dari Nazarudin Kiemas, anggota DPR RI yang juga adik kandung almarhum Taufik Kiemas, mantan ketua MPR yang juga suami dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.