Obama Undang Presiden Jokowi Kunjungi Amerika Serikat

Beijing, Sayangi.com – Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengunjungi Washington guna membahas peluang-peluang kerja sama kedua negara.

Obama menyampaikan undangan itu saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di sela pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing, Tiongkok, Senin sore.

“Saya senang sekali bertemu dengan Bapak Presiden dan saya harap kita bisa memperkuat hubungan kerja sama dan pribadi,” katanya.

Obama juga mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden Jokowi pada 20 Oktober dan Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dalam acara pelantikannya.

Obama bukan satu-satunya kepala pemerintahan yang mengundang Presiden Jokowi untuk mengunjungi negaranya.

Presiden Vietnam Truong Tan Sang juga menyampaikan undangan serupa saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi.

Pada hari ketiga kunjungan kerjanya ke Beijing, Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Barack Obama, Presiden Truong Tan Sang dan Presiden Rusia Vladimir Putin, demikian dilaporkan kantor berita Antara.