DPP KNPI Gelar Silaturahmi Pemuda Nasional di Tapal Batas

Tarakan, Sayangi.com – Ratusan pemuda dan organisasi Kepemudaan (OKP) yang tergabung di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tanggal 8 – 10 berkumpul di Tarakan Kalimantan Utara dalam rangka Silaturahmi Nasional sekaligus memperingati Hari Pahlawan yang dibarengi dengan dialog dengan masyarakat perbatasan serta pembangunan Tugu Pemuda  di Perbatasan.

Pembukaan Silahturahmi Pemuda telah dilakukan di Tanjung Selor, Sabtu (8/11) dan dibuka oleh Plt Gubernur Kalimantan Utara Ir. H. Irianto Lambrie, MM. Acara juga dihadiri oleh Bupati Bulungan, serta Sekjen KNPI Bintang Prabowo dan para pengurus DPP dan OKP serta masyarkat Tanjung Selor. Esok harinya, Minggu (9/11) acara dilanjutkan dengan Gerak Jalan Sehat bersama masyarakat Tanjung Selor.

Sebelum dicanangkan Tugu Pemuda di perbatasan  dilakukan acara dialog bersama KNPI dan pemuda daerah perbatasan, masyarakat luas dan tokoh Kalimantan Utara. Acara Dialog juga dihadiri oleh Mayjen Wisnu Bawa Tenaya, Kapolri Jendral Polisi Sutarman, Deputi I Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda Yuni Poerwanti mewakili Menpora Imam Nahrawi, Walikota Tarakan Ir. Sofian Raga, M.Si serta Ketua Umum KNPI Taufan E.N Rotorasiko, dan Ketua DPD KNPI Kalimantan Utara selaku tuan rumah.

Saat berdialog, kepada narasumber, masyarakat perbatasan mengutarakan agar di era pemerintahan kabinet kerja Jokowi, pemerintah pusat lebih  meningkatkan perhatian kepada daerah perbatasan dan penduduk di wilayah perbatasan terutama persoalan infrastruktur pembangunan jalan serta pendidikan.

Kapolri Jenderal Sutarman menyatakan pihaknya siap mensuport atau mendukung para pemuda dalam membangun Indonesia, khususnya di perbatasan Kepulauan NKRI.

“Adik adik kita para pemuda ini adalah aset bangsa. Tidak ada yang tidak mungkin karena di tangan generasi muda inilah kita berharap perubahan Indonesia yang lebih baik seperti contohnya regenerasi dari pemimpin bangsa beberapa waktu lalu,” kata Kapolri.

Dalam sambutannya, Ketum KNPI Taufan E.N Rotorasiko merasa bersyukur, bertepatan dengan hari Pahlawan Nasional tahun 2014, KNPI mengadakan Silahturahmi nasional pemuda didaerah Perbatasan. Taufan juga mengharapkan agar  Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemuda Indonesia, mempunyai spririt yang sama yakni spirit persatuan dan kesatuan membangun daerah terutama dalam Pendidikan dengan pengiriman guru guru yang berkualitas serta penyediaan buku murah, perbaikan fasilitas kesehatan dan perbaikan infrastruktur akses jalan.

“Membangun daerah perbatasan secara Integral adalah memperkokoh kedaulatan NKRI,” ungkap Taufan.