BBM Belum Naik, Harga Bahan Pokok Terus Merangkak Naik

Foto: Sayangi.com

Semarang, Sayangi.com – Harga bahan pokok – terutama cabai – di Semarang terus merangkak naik. Hal ini selain dipicu kemarau panjang yang terjadi beberapa waktu, juga karena rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

“Untuk harga cabai ini terus meningkat, yang tidak mengalami kenaikan hanya jenis cabai hijau, harganya masih sama yaitu Rp12.000/kg,” ujar salah satu pedagang cabai di Pasar Johar, Santoso, di Semarang, Selasa (11/11/2014).

Untuk jenis lain dari komoditas cabai mengalami kenaikan harga, di antaranya cabai merah besar yaitu dari Rp15-17.000/kg menjadi Rp35-37.000/kg. Selain itu, untuk jenis cabai rawit yaitu dari Rp20.000/kg saat ini menjadi Rp40.000/kg, sedangkan untuk cabai merah keriting dari Rp10.000/kg menjadi Rp50.000/kg.

Santoso mengatakan, menurut penjelasan petani yang melakukan pengiriman langsung ke para pedagang, kenaikan harga tersebut dipicu kekeringan panjang sehingga hasil panen tidak maksimal.

Bahkan, jika biasanya cabai yang dijual oleh Santoso didatangkan dari sejumlah daerah di antaranya Temanggung, Magelang, Bandungan, dan Jember, saat ini pasokan cabai yang masih lancar hanya dari Jember Jawa Timur.

“Untuk daerah-daerah lain yang biasa memasok kami tidak bisa panen cabai dalam jumlah banyak, jadi hanya bisa untuk memenuhi pasar yang dekat-dekat saja,” ujarnya.

Santoso mengakui, kenaikan harga yang cukup besar biasa terjadi jika di luar musim panen, tetapi saat panen harga cabai bisa mencapai Rp5.000/kg. Kenaikan sendiri sudah mulai terasa sejak satu bulan lalu.

Sementara itu, kenaikan harga tidak hanya terjadi pada komoditas cabai tetapi juga komoditas lain, salah satunya bawang putih. Salah satu pedagang di Pasar Johar Ngadiran, mengatakan, beberapa hari lalu harga bawang putih di kisaran Rp10.500/kg saat ini harganya sudah naik menjadi Rp11.500/kg.

Untuk komoditas lain yang harganya masih stagnan di antaranya ayam ras di kisaran Rp46-47 ribu/ekor, daging sapi kualitas A di harga Rp80.000/kg, minyak goreng curah Rp10.500/kg, dan cabai merah di kisaran Rp9-10.000/kg. (An)