Kemenkeu Buka Lelang Jabatan Dirjen Pajak dan Eselon I Lainnya

Foto: Istimewa

Jakarta,Sayangi.Com- Kementerian Keuangan secara resmi membuka seleksi terbuka atau lelang untuk posisi pejabat eselon Ia dan Ib, diantaranya untuk pengisian jabatan Direktur Jenderal Pajak dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal.

“Kami mengundang pegawai negeri sipil pusat dan daerah yang telah memenuhi syarat, untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka menjadi kandidat jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Keuangan,” kata Wakil Menteri Keuangan sekaligus Ketua Panitia Seleksi, Mardiasmo di Jakarta, Rabu (12/11).

Selain jabatan Direktur Jenderal Pajak dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan juga membuka seleksi terbuka untuk posisi Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi serta Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara.

Pengisian jabatan melalui seleksi terbuka di lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2014-2015 ini, menurut Mardiasmo, telah sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014.

Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh para pelamar antara lain berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil, berusia maksimal 58 tahun per 31 Desember 2014 serta memiliki kompetensi dan kapasitas yang dibutuhkan untuk jabatan yang dilamar.

Selain itu, memiliki masa kerja pada jabatan eselon II atau jabatan fungsional yang setara dengan eselon II sekurang-kurangnya empat tahun untuk jabatan Direktur Jenderal Pajak, selama tiga tahun untuk Kepala Badan Kebijakan Fiskal, serta dua tahun untuk jabatan Staf Ahli.

Pelamar juga harus memiliki unsur bernilai baik dalam penilaian prestasi kerja atau Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) dalam dua tahun terakhir, tidak pernah dijatuhi hukuman pidana maupun disiplin, tidak memiliki afiliasi dengan partai politik serta sehat jasmani dan rohani.

Pendaftaran dimulai pada 12 November 2014 sampai dengan 21 November 2014 secara online pada website Kemenkeu, dan para pelamar tidak diperkenankan berhubungan langsung dengan anggota Panitia Seleksi atau Tim Kerja Seleksi.

Hasil pemeriksaan atau seleksi administrasi akan diumumkan melalui website pada 26 November 2014, sedangkan seluruh hasil akomodasi, transportasi, kelengkapan administrasi serta biaya pribadi selama proses seleksi ditanggung oleh para pelamar.

Sementara, tahapan seleksi yang akan dilakukan mencakup diantaranya pemeriksaan dan seleksi administrasi, uji kelayakan publik dan penelusuran rekam jejak, penulisan makalah, assesment center, pemeriksaan kesehatan, wawancara dengan panitia seleksi dan pewancara independen serta wawancara dengan menteri keuangan. (Antara)