Marzuki Alie: Jika Tidak Berubah, Ahok akan Hadapi Gelombang Besar

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Perseteruan antara Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan Front Pembela Islam (FPI) mengundang reaksi sejumlah tokoh nasional.

Politisi Partai Demokrat Marzuki Alie menyayangkan sikap Ahok yang menghadapi FPI dengan cara yang keras. Menurut Marzuki, Ahok akan menjadi pemimpin yang berbahaya kalau setiap orang atau kelompok yang memprotesnya dihadapi juga dengan kekerasan.

“Seorang pemimpin itu mengedepankan dialog, ngayomi, tidak arogan, mengajak bukan minta diajak, membuat suasana teduh bukan memanaskan,” kata Marzuki kepada sayangi.com, Kamis (13/11).

Mantan Ketua DPR RI itu menyarankan supaya Ahok merubah perilakunya yang selama ini dinilai cenderung kasar.

“Kalau Ahok tidak merubah perilaku, beliau akan menghadapi gelombang yang lebih besar. Dan ini akan menimbulkan konflik rasial yang membahayakan NKRI,” pungkasnya.

Berbeda dengan Marzuki, Politisi Partai Nasdem Effendi Choiri terkesan setuju dengan sikap Ahok. Menurut Effendi, sikap Ahok hanya membawa pribadinya, sedangkan yang dilakukan FPI mengatasnamakan agama.

“Kalau Ahok anarkis hanya membawa pribadinya sendiri, tapi kalau Riziq (Habib Riziq Shihab) dan rombongannya berlaku anarkhis dengan mengatasnamakan dan bertameng jubah agama. Dosa mereka dobel, dosa kepada negara dan kepada mayoritas umat islam Indonesia yang tidak sepaham dengan dia. Juga dosa terhadap agama Islam yang suci, yang mulya dan yang rahmatan lil alamin,” tegasnya.