JK Isyaratkan Kenaikan Harga BBM Diumumkan Pekan Depan

Foto: Sayangi.Com/Emil

Jakarta, Sayangi.Com– Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengisyaratkan kenaikan harga BBM akan diumumkan pekan depan, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ke Indonesia. Menurutnya, kenaikan harga BBM harus segera diumumkan untuk menghilangkan keragu-raguan masyarakat serta menciptakan situasi perekonomian dan sosial yang lebih kondusif.

“Iya (harga BBM, red) memang harus segera diumumkan. Insya Allah begitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Indonesia segera diumumkan supaya bisa menghilangkan keragu-raguan,” kata Jusuf Kalla kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Jumat (14/11).

Presiden Jokowi hari ini berada di Brisbane untuk mengikuti KTT G-20 pada tanggal 15-16 November (Sabtu-Minggu), dan selanjutnya dijadwalkan kembali ke tanah air. Sebelumnya, Jokowi yang didampingi ibu negara Iriana Widodo dan sejumlah menteri telah mengikuti KTT APEC di Beijing dan KTT ASEAN di Myanmar. 

Menurut JK, pemerintah saat ini sedang menghitung ulang berapa angka kenaikannya karena harga minyak dunia turun menjadi 80 dolar per barel, sehingga hitungannya lain lagi saat harga minyak di pasaran dunia tinggi.

Meskipun demikian, kata Wapres, rupiah pada saat sama juga melemah sehingga perlu dihitung ulang kombinasi harga minyak dunia dan pelemahan rupiah. “Jadi berapa persen kenaikan harga BBM dengan melemahnya harga minyak dan melemahnya rupiah musti diperhitungkan lagi,” katanya.

Terkait dengan melonjaknya harga kebutuhan pokok belakangan ini, JK berpendapat, kenaikan bisa disebabkan berbagai alasan bukan sepenuhnya terkait rencana kenaikan harga BBM.

“Kenaikan harga sembako bisa berbagai alasan. Pertama ini habis musim kering sehingga cabai dan sayur tak bisa tumbuh, kemudian juga barang impor harganya naik karena rupiah melemah,” katanya.