Effendi Simbolon Desak Jokowi Copot Rini Soemarno

Jakarta, Sayangi.com – Politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon mendesak Presiden Jokowi agar mencopot Menteri BUMN Rini Soemarno karena dinilai rakus dan akan menggerogoti pemerintahan dengan menempatkan orang-orangnya untuk menguasai tujuh bidang energi Indonesia.

“Ya ini lah orang itu kalau sudah rakus sudah lupa daratan, lupa siapa dia. Nggak boleh dibiarkan terlalu lama orang-orang seperti ini hidup. Akan merusak pemerintahan jokowi. Jokowi jangan segan-segan me-reshuffle dia,” ujar Effendi di Cikini, Jakarta, Sabtu (15/11).

Effendi menilai, Kelompok Rini di pemerintahan khususnya di bidang energi berbahaya bagi pemerintahan. Dia pun menyebutkan Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil.

Politikus PDI Perjuangan ini mencurigai kelompok tersebut hendak menguasai tujuh bidang energi di Indonesia.

“Gerak gerik dia (Rini) yang mengendalikan seven energies. Di situ dia Meneg BUMN, Menteri ESDM. Kemudian Dirut Pertamina, dirut PGN (Perusahaan Gas Negara), SKK Migas, PLN dan dikendalikan semua ya habislah. Ibarat dia yang jaga lumbung padi habis semua. Saya kira Rini dan kroni-kroninya harus dikeluarkan dari kabinet,” kata Effendi.

Lebih lanjut Effendi menyebut figur Susi Pujiastuti yang saat ini menjabat menteri Kelautan dan Perikanan dapat merangkap menjadi Menteri BUMN. Effendi berpendapat Susi lebih memiliki rasa nasionalisme tinggi.

“Ganti saja itu (Rini) dengan Susi biar merangkap jadi menteri BUMN.. Kalau jiwa dia (Susi) di sektor migas, hari ini energi kita berdaulat. Kalau pejabat publiknya tak punya komitmen, ya, untuk apa?” ujar Effendi.