Kubu Ical Persilahkan Agung Cs Buat Partai Baru

Bali, Sayangi.com – Wakil Ketua Umum Golkar Agung Laksono dipersilakan membuat partai baru. Hal ini dipicu oleh langkah Agung dan beberapa dedengkot Golkar lainnya membentuk Presidium Penyelamat Partai Golkar, yang dinilai sudah di luar aturan AD/ART partai.

“Itu resiko, lahir partai baru, PKPI, Gerindra, Hanura, NasDem, sudah biasa kan. Kalau mereka mendirikan partai ya silakan,” kata Ketua DPD I Golkar Jawa Barat, Irianto MS Safiudin di lokasi Munas IX Golkar di Bali, Selasa (2/12).

Namun begitu, pria yang akrab disapa Yance itu yakin suara Golkar tidak akan turun. Menurutnya, dari pemilu ke pemilu, banyak partai baru yang berusaha menggerogoti suara Golkar, tapi Golkar tetap kokoh.

Dia menegaskan presidium seperti yang dibentuk Agung Laksono Cs tidak pernah ada dalam AD/ART Golkar. Kalaupun ada tindakan semacam itu maka yang bisa mengambil alih adalah DPD I se Indonesia.

“Sekarang di AD/ART gak ada presidium penyelamat partai, tindakan itu bisa oleh DPD Provinsi. Kalau ada masalah DPD yang mengambil alih. Kalau mereka ga punya hak,” tegas pria yang akrab disapa Yance itu.

Tindakan Agung Laksono, Priyo Budi Santoso dan kader Golkar lain membentuk presidium tersebut juga menjadi sorotan mayoritas DPD Provinsi saat penyampaian pemandangan umum atas laporan pertanggungjawaban Aburizal Bakrie (Ical) di Munas IX. Mereka mendesak DPP bersikap tegas.