Ini Tim Yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Foto: Reuters

Jakarta,Sayangi.Com– Usai delapan pertandingan terakhir fase grup Liga Champions yang berlangsung Kamis (11/12) dini hari, 16 tim lolos ke babak Knock Out.

Jerman meloloskan klub terbanyak yakni 4 tim (Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, Schalke 04). Disusul Spanyol 3 tim (Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid), dan Inggris juga 3 tim (Chelsea, Manchester City, dan Arsenal).

Di Grup E, tuan rumah Bayern Munchen yang sudah lolos ke fase knockout dua pekan sebelumnya, menang 3-0 dari CSKA Moskow berkat gol Thomas Muller, Sebastian Rode, dan Mario Goetze. Di grup ini Manchester City juga lolos ke 16 Besar setelah menang 2-0 dari AS Roma berkat gol Samir Nasri dan Pablo Zabaleta.

Di Grup F, Barcelona dan Paris St Germain yang sudah pasti lolos dan hanya bertanding untuk menentukan siapa yang terbaik di antara mereka, beradu dengan skor akhir 3-1 untuk Barca. Lionel Messi, Neymar dan Luis Suarez menciptakan gol untuk Barca, sedangkan satu gol PSG diciptakan Zlatan Ibrahimovic.

Di Grup H, Porto dan Shakhtar Donetsk yang sama-sama sudah pasti lolos ke 16 Besar bermain imbang 1-1 berkat gol berbalas gol dari Taras Stepanenko dan Vincent Aboubakar, sedangkan Athletic Bilbao melenggang ke Liga Europa dengan menempati peringkat tiga usai menghempaskan BATE 2-0 lewat gol-gol yang dilesakkan Mikel San Jose dan Markel Susaeta.

Di Grup G, Chelsea yang sudah memastikan lolos ke 16 Besar beberapa hari sebelumnya, mematikan harapan Sporting Lisbon untuk lolos ke babak ini setelah menang 3-1. Cesc Fabregas, Andre Schurrle, dan John Obi Mikel menciptakan tiga gol untuk Chelsea, sedangkan gol hiburan Lisbon dicetak Jonathan Silva.

Kemenangan ini memberi jalan kepada Schalke 04 untuk melanjutkan asa di Liga Champions dengan menang 1-0 dari Maribor berkat gol semata wayang Maximilian Meyer.

Keenam belas tim lolos ke fase knockout adalah:

Grup A:
1. Atletico Madrid
2. Juventus

Grup B:
3. Real Madrid
4. FC Basel

Grup C:
5. AS Monaco
6. Bayer Leverkusen

Grup D:
7. Borussia Dortmund
8. Arsenal

Grup E:
9. Bayern Munchen
10. Manchester City

Grup F:
11. Barcelona
12. Paris St Germain

Grup G:
13. Chelsea
14. Schalke 04

Grup H:
15. FC Porto
16. Shakhtar Donetsk