Senator AS Desak RI Rilis Dokumen Pelanggaran HAM 1965-66

Foto: Reuters

Washington, Sayangi.Com– Tom Udall, senator Amerika Serikat (AS) dari negara bagian New Mexico, menganjurkan pembentukan komisi kebenaran dan rekonsiliasi terkait kejahatan HAM di Indonesia pada era tahun 1965-1966.

Dalam persidangan hari Rabu (10/12) waktu Washington, anggota Komisi Kebijakan Luar Negeri Senat AS itu mengatakan Indonesia sebagai negara yang berperan penting di kawasan Asia dan negara demokrasi ke tiga terbesar dunia, harus menyelesaikan pelanggaran HAM-nya di masa lalu yang menyangkut pembunuhan masal ratusan ribu rakyat Indonesia.

Seperti dikutip VOAIndonesia.Com, Senator Udall menganjurkan kepada Pemerintah Indonesia untuk membentuk komisi kebenaran dan rekonsiliasi terkait kejahatan ini. Ia juga mengatakan Amerika harus menjelaskan apa yang diketahui dan harus mengungkap informasi yang dimilikinya.

Sejarah 1 Oktober 1965 menurutnya sangat getir, enam jenderal TNI AD dibunuh, dan PKI dituding sebagai penyebab kematian para jenderal itu yang kemudian menjadi pembenaran pembunuhan secara massal terhadap pengikutnya. CIA menyebut peristiwa itu sebagai pembunuhan massal terburuk dalam abad ke 20.