Hasil Studi Senat AS Soal Penyiksaan CIA Akan Dibukukan

New York, Sayangi.com – Satu penerbit independen di New York tengah menerbitkan laporan Senat AS mengenai CIA dan penyiksaan dalam bentuk buku setebal 480 halaman ini karena beranggapan laporan ini mesti dilihat oleh sebanyak mungkin pembaca.

Penerbit bernama Melville House ini menyebut edisinya mengenai laporan Senat tentang “teknik interogasi yang diperkuat” ini akan berada di toko buku-toko buku Desember ini dengan harga 16,95 dolar AS.  Edisi onlinenya juga bisa didapatkan.

Edisi gratis PDF sudah tersedia online di situs Komite Intelijen Senat yang memublikasikan laporan ini Rabu lalu.

“Ini kemungkinan besar adalah dokumen pemerintah paling penting dalam generasi kita, bahkan salah satu yang paling penting dalam sejarah demokrasi kita,” kata pendiri Melville House, Dennis Johnson.

Sebagai dokumen resmi pemerintah AS, laporan berjudul asli “Committee Study of the Central Intelligence Agency’s Detention and Interrogation Program” ini bebas dari hak cipta.

Berkantor pusat di Brooklyn dan didirikan setelah Serangan 11 September 2001, Melville House pernah menerbitkan karya sastra peraih Nobel karangan Imre Kertesz dan Heinrich Boll.

Untuk non fiksi, penerbit ini menerbitkan “Torture Taxi” karangan Trevor Paglen dan A.C.  Thompson, yang mengupas program rahasia CIA.

“Melville House didirikan untuk tujuan mencoba membicarakan apa yang terjadi pada masa pemerintah mantan presiden George W. Bush,” kata Johnson.

“Kami merasa adalah tugas kami untuk mencoba dan mendapatkan laporan ini untuk disajikan kepada pembaca dengan seluas mungkin,” sambung dia seperti dikutip Reuters.