Penyanderaan di Sydney Berakhir: Pelaku dan Dua Sandera Tewas

Foto: Sydney Morning Herald

Sydney, Sayangi.com – Drama penyanderaan yang berlangsung selama 16 jam di Kafe Lindt Sydney berakhir setelah pelaku yang diketahui bernama Man Haron Monis dinyatakan tewas dalam operasi pembebasan yang dilakukan Senin (15/12/2014) malam atau Selasa dini hari waktu setempat..

Seperti diberitakan Sydney Morning Herald, korban jiwa dalam operasi pembebasan tersebut terdiri dari tiga orang. Selain pelaku penyanderaan, dua orang sandra juga diberitakan tewas.

Kantor berita AFP mengutip pernyataan kepolisian New South Wales Selasa (16/12/2014), mengatakan selain tiga korban tewas, empat sandera lainnya terluka dan saat ini dalam penanganan medis di rumah sakit.

Sebuah artikel yang dimuat Sydney Morning Herald menyebutkan pelaku yang bernama Man Haron Monis alias Sheikh Haron alias Mohammad Hassan Manteghi adalah pria kelahiran Iran dan terakhir berdomisili di North Bexley yang terletak di selatan Sydney.

Pada Tahun ini, Monis didakwa atas perbuatan tidak menyenangkan dan melakukan kekerasan seksual terhadap seorang perempuan pada tahun 2002. Monis didakwa dengan lebih dari 50 tuduhan tidak senonoh dan kekerasan seksual yang berkaitan perdukunan. Ia juga menyatakan diri kerap berurusan dengan ilmu hitam dan pernah dituduh bertanggung jawab atas pembunuhan mantan istrinya.

Monis beberapa waktu lalu juga menyatakan dirinya memiliki kesamaan dengan pendiri Wikileaks Julian Assange, dan mengklaim tuduhan kejahatan terhadap dirinya berlatar belakang politis. Selain itu, Monis ternyata pada 2009 pernah mengirim surat bela sungkawa kepada keluarga pejabat Austrade Craig Senger yang tewas dalam pemboman Hotel Marriott di Jakarta pada tahun 2007.