Indonesia Kecam Aksi Penyanderaan di Kafe Sydney

Foto: theguardian

Jakarta, Sayangi.com – Peristiwa penyanderaan di sebuah kafe di Sydney Australia pada Senin (15/12) yang menewaskan pelaku dan dua orang sandera menuai kecaman dari banyak pihak. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) secara resmi mengecam aksi penyanderaan itu. Peristiwa itu, ujar Kemlu, merupakan tindakan teror dan tidak dapat dibenarkan dengan alasan apa pun.

Melalui siaran persnya, Selasa (16/12) Kemlu menulis, Pemerintah Indonesia mengecam terjadinya penyanderaan tersebut. Pemerintah Indonesia menyerukan tindakan teror tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun.

“Pemerintah RI, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri dan perwakilan Indonesia di Australia, terus mengikuti secara dekat dan seksama perkembangan peristiwa itu,” tulis Kemlu.

Perwakilan Indonesia di Sydney, lanjut Kemlu, juga secara dekat terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan otoritas Australia, masyarakat Indonesia di Sydney serta komunitas Muslim di sana. Sementara itu, Duta Besar RI di Australia, menyampaikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam peristiwa tragis itu.

Kemlu juga menyediakan sambungan langsung bagi WNI yang ingin mencari tahu keberadaan keluarganya. Hotline KJRI Sydney yang dapat dihubungi +61 467227487.