India Sukses Luncurkan Roket Terbesarnya ke Antariksa

Foto: AP

Sriharikota,Sayangi.Com– India sukses meluncurkan roket bernama “Geosynchronous Satellite Launch Vehicle MK III”, membawa kapsul tak berawak yang di masa depan dapat membawa astronot ke luar angkasa.

Seperti dilaporkan AFP, roket yang diluncurkan dari Sriharikota, di negara bagian Andhra Pradesh, pada Kamis (18/12), itu mampu mengangkut satelit lebih berat ke antariksa.

Roket berbobot 360 ton dan mampu membawa beban hingga 4 ton ini dirancang untuk membawa satelit komunikasi dan satelit lainnya ke orbit Bumi. Proyek peluncuran ini bisa disebut hemat karena hanya menelan biaya sekitar 25 juta Dollar AS atau sekitar Rp312,5 miliar.

“Ini adalah hari yang paling signifikan dalam sejarah program angkasa luar India,” kata Ketua Organisasi Riset Angkasa Luar India (ISRO) KS Radhakrishnan.

Roket baru ini menjadi andalan India untuk mengambil bagian dalam pasar angkutan angkasa luar global yang mencapai 300 miliar Dollar AS.

Dalam beberapa tahun terakhir, India telah berhasil meluncurkan satelit-satelit lebih ringan tetapi menghadapi masalah dalam mengirimkan beban yang lebih berat.

Bulan September lalu, pesawat orbit India “Mars Orbiter Mission” berhasil memasuki orbit Planet Merah itu, menjadikan India sebagai negara Asia pertama yang mencapaiu Mars dalam percobaan pertamanya. Misi tersebut dipuji karena anggarannya yang hemat, hanya menghabiskan sekitar 74 juta Dollar AS.