Sutarman Serahkan Penunjukan Kapolri Baru kepada Presiden

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Polisi Sutarman menyerahkan sepenuhnya penunjukkan calon kapolri baru kepada Presiden Joko Widodo.

“Itu hak prerogatif presiden, bukan pada tempatnya saya memberi komentar. Jangan mengurangi hak prerogatif presiden,” kata Sutarman di Jakarta, Selasa.

Indonesia Police Watch (IPW) merilis bahwa Komjen Pol Budi Gunawan adalah calon terkuat pengganti Sutarman sebagai Kapolri pada 2015 mendatang. Alasannya, Budi Gunawan adalah salah satu senior Akpol angkatan 1983 yang berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen).

Pendapat senada juga disampaikan Ketua Umum Poros Pemuda Indonesia (PPI) Muhlis Ali. Ia menyebut Komjen Budi Gunawan sebagai satu-satunya perwira tinggi bintang tiga yang memiliki kualifikasi paling cocok untuk memimpin Polri.

“Budi Gunawan paling cocok, kompetensi dan track recordnya tak diragukan. Saya sering diskusi dengannya, ia memiliki visi dan pandangan cerdas untuk membenahi institusi polri,” tegas Muhlis ketika dimintai komentarnya soal sosok calon kapolri di Jakarta, Selasa.

Budi Gunawan saat ini tengah menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Polri. Di lingkungan istana ia bukan sosok asing kerena pernah menjadi ajudan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri semasa berkuasa.