Hadiri Perayaan Natal, Jokowi Ajak Warga Papua Bersatu

Foto: Antara

Jayapura,Sayangi.Com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) malam ini menghadiri puncak perayaan Natal Nasional di Stadion Mandala Jayapura. Dalam pesannya di hadapan ribuan jamaat yang memadati tribun stadion, Jokowi mengajak seluruh masyarakat di Papua untuk bersatu membangun Papua yang damai dan sejahtera.

“Kita akhiri konflik jangan ada lagi kekarasan, marilah kita bersatu, yang masih di gunung mari kita bersatu membangun Papua tanah yang damai. Dengan cara itulah Natal membawa kabar baik,” kata Presiden Jokowi, Sabtu (27/12) malam.

Presiden juga berharap Natal dapat membawa kedamaian dan sukacita bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Dalam perayaan puncak Natal Nasional ini, Jokowi didampingi antara lain oleh ibu negara Iriana Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly, dan Menko Polhukam Edhy Tedjo Purdijatno. 

Ketua Panitia Natal Nasional 2014 yang juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan, tema Natal tahun ini adalah berjumpa dengan Tuhan dalam keluarga.

Yohana mengatakan keluarga menjadi fondasi penting dalam kehidupan beragama, sedangkan Uskup Jayapura Mgr Leo Labaladjar menyampaikan agar pembangunan kesejahteraan tidak hanya menggelontorkan dana bagi kaum papa, namun juga membangun manusianya. 

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Jayapura pada Sabtu siang. Dari bandara, Presiden Jokowi langsung melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar Pharaa, Sentani, Jayapura.  Pembangunan pasar tersebut merupakan salah satu janji Jokowi saat kampanye Pemilu Presiden lalu.

“Pasar ini diberikan gratis kepada para pedagang, tidak ada yang bayar. Kalau ada yang bayar laporkan kepada saya,” kata Jokowi, saat berdialog dengan warga dan pedagang pasar, dengan didampingi oleh Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Jayapura Matius Awaitow. 

Presiden Jokowi juga berkunjung ke salah satu pesantren di Jayapura dan bertemu dengan para relawan yang membantu pemenangan pasangan Jokowi-JK pada Pemilu Presiden lalu.