Ribuan Warga Wamena Pesta Adat Sambut Kedatangan Jokowi

Foto: setkab.go.id

Wamena,Sayangi.Com– Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui Masyarakat Lembah Baliem di Gedung Lembaga Masyarakat Adat Provinsi Papua, Minggu (28/12) pagi, disambut meriah oleh ribuan warga Wamena dan sekitarnya.

Bahkan bisa dikatakan, warga Lembah Baliem itu sengaja menyiapkan pesta adat menyambut kedatangan orang nomor satu di negeri ini.

Begitu tiba di halaman pendopo Gedung Lembaga Adat, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo langsung disambut Ketua adat masyarakat Lembah Masyarakat Adat dan Gubernur Papua, yang langsung menyematkan Mahkota Masyarakat Adat. Sementara kepada Ibu Negara diberikan seikat kembang khas lembah Baliem.

Warga terlihat terus menari mengiringi perjalanan Presiden Jokowi dan Ibu Negara yang diarahkan ke sebuah panggung besar. Bersamaan dengan itu, para tetua adat memanjatkan doa untuk keselamatan, kesehatan, dan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Selama berada di Wamena, Presiden Jokowi sengaja menyediakan waktu untuk mendengar dan berdialog dengan masyarakat setempat.

Seperti saat memberikan sambutan pada Perayaan Natal Bersama Nasional 2014, di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (27/12) malam, Presiden Jokowi menyatakan bahwa rakyat Papua tidak hanya membutuhkan pelayanan kesehatan, tidak hanya membutuhkan layanan pendidikan, tidak hanya membutuhkan pembangunan jalan, jembatan, dan pelabuhan saja.

“Rakyat Papua juga butuh didengar dan diajak bicara. Itulah sikap dasar saya dalam membicarakan setiap persoalan yang ada di Papua,” kata Jokowi. 

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ini antara lain Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto. (Setkab.go.id)