Kerugian Akibat Pasar Klewer Terbakar Capai Triliunan Rupiah

Foto: Antara

Solo,Sayangi.ComРKerugian materiil akibat terbakarnya Pasar Klewer Solo atau Surakarta, yang dikenal sebagai sentra tekstil dan batik, diperkirakan mencapai triliunan rupiah. Perkiraan itu dikemukakan oleh Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Solo Kusbani, kepada wartawan, Minggu (28/12).

Menurut Kusbani, dari sekitar 2.700 kios yang tercatat di Pasar Klewer, 1.500 lebih kios terkena dampak kebakaran itu yang terjadi mulai Sabtu (27/12) malam. Selain menghanguskan kios milik para pedagang, kebakaran itu juga melahap sejumlah kantor perbankan.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) memperkirakan kerugian akibat terbakarnya Pasar Klewer setidaknya mencapai Rp750 miliar.

“Estimasi awal, pedagang korban kebakaran Pasar Klewer mengalami kerugian hingga Rp 750 miliar,” kata Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansuri, dalam siaran pers, Minggu (28/12).

Berdasarkan data sementara yang diterima DPP IKAPPI, kata Abdullah, ada 1.516 kios yang terkena dampak kebakaran ini. Total kios di Pasar Klewer tercatat 2.075 unit.

Besarnya kerugian pedagang, menurutnya, tak lepas dari tingginya aktivitas pasar saat liburan Natal dan Tahun Baru. Pada momentum ini, pedagang biasanya menyimpan barang lebih banyak dari biasanya.

IKAPPI meminta pemerintah cepat memproses relokasi pedagang. “Kami berharap ada dukungan bantuan dari pemerintah pusat untuk mempercepat proses pemulihan. Dampak kebakaran ini akan besar bagi perekonomian masyarakat Solo,” kata Abdullah.

Pasar Darurat

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, kepada wartawan mengemukakan, Pemkot Solo telah berkoordinasi dengan pihak pemerintah pusat terkait musibah kebakaran ini.

Koordinasi tersebut, kata Rudy, lebih menitikberatkan kepada penanganan pascakebakaran, seperti halnya pembuatan pasar darurat yang diperuntukkan bagi para pedagang Klewer.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk pembuatan pasar darurat. Saya juga minta Pak Presiden untuk terlibat dalam pembangunan pasar ini,” katanya.

Rudy mengatakan, pembuatan pasar darurat akan dirapatkan pada Minggu malam. Rencananya ada tiga pilihan lokasi untuk pembuatan pasar darurat, yakni halaman Benteng Vastenburg, Pusat Grosir Solo dan Beteng Trade Center.

“Untuk keputusan lokasinya, akan dirapatkan pada nanti malam,” ucapnya.