Ryamizard: Singapura Siapkan Hercules C-130 Bantu Cari AirAsia QZ8501

Foto: Sayangi.com/Emil
Jakarta, Sayangi.com – Pemerintah Singapura menyediakan pesawat Hercules C-130 apabila pihak Indonesia memerlukannya dalam pencarian pesawat komersil AirAsia QZ8501 yang hilang kontak sejak Minggu pagi, kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.
 
“Menhan Sing mengatakan bahwa Singapura menyiapkan pesawat C130, kapanpun dibutuhkan oleh Indonesia, maka Singapura akan siap membantu,” jelas Ryamizard, mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Singapura Chan Chung Sing, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
 
Selain itu, menurut dia, Singapura juga sempat menyampaikan rasa prihatin dan simpati mereka terkait dengan peristiwa tersebut, sembari menyatakan kesiapan untuk memberi bantuan yang diperlukan Indonesia sebagai pemegang otoritas koordinasi pencarian AirAsia berkode PK-AXC itu.
 
Ryamizard mengapresiasi pernyataan kesiapan Singapura memberikan bantuan, dan memastikan pihaknya akan menghubungi lebih lanjut apabila memerlukannya.
 
Pesawat AirAsia QZ8501 bertolak dari Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya menuju Bandara Internasional Changi Singapura pada pukul 05.36 WIB, Minggu.
 
Pada pukul 06.17 WIB pesawat dinyatakan hilang kontak dengan menara pengawas (ATC) di lokasi antara Tanjung Pandan, Bangka Belitung dan Pontianka, Kalimantan Barat.