Chelsea Ditahan Imbang Southampton 1-1

Foto: BPI
Southampton, Sayangi.com – Pemuncak klasemen sementara Liga Utama Inggris, Chelsea, harus puas meraih hasil imbang 1-1 saat mengunjungi markas Southampton dalam laga pekan ke-19 di Stadion St. Mary, Southampton, Minggu.
 
Hasil tersebut membuat Chelsea kini mengemas 46 poin, terpaut empat poin dari Manchester City, yang masih tengah menjalani laga melawan Burnley. Apabila City menang, maka selisih poin akan terpangkas dan tersisa satu poin saja.
 
Chelsea bahkan sebetulnya tertinggal lebih dulu dalam laga tersebut berkat gol dari penyerang Southampton Sadio Mane pada menit 17. 
 
Tim London Biru itu harus menunggu hingga pengujung babak pertama sebelum memperoleh gol penyama kedudukan lewat kaki Eden Hazard pada menit 46.
 
Meski menguasai bola sejak awal laga, Chelsea belum betul-betul menciptakan peluang berbahaya hingga 15 menit pertama.
 
Justru Southampton sukses membungkam pendukung Chelsea, yang sejak awal laga lebih sibuk mengejek kapten Liverpool Steven Gerrard ketimbang menyanyikan dukungan untuk timnya sendiri, lewat gol dari Mane pada menit 17.
 
Sebuah umpan cantik dari Dusan Tadic mengarah pada Mane yang berdiri hampir tanpa kawalan berarti, yang kemudian merangsek berhadapan dengan penjaga gawang Thibaut Courtois sebelum melepaskan sontekan di atas kepala yang tak terjangkau dan mengarah tepat ke gawang.
 
Unggul satu gol, Southampton, tetap belum bisa mengambil alih dominasi penguasaan bola, namun terlihat lebih tenang.
 
Sayangnya, ketenangan itu harus buyar saat di pengujung paruh awal laga Cesc Fabregas melihat bek kanan Yohida Maya sedikit meninggalkan posnya dan melepaskan umpan akurat kepada Hazard. 
 
Penyerang Belgia itu menggiring bola menusuk ke dalam melewati hadangan dua pemain belakang Southampton sebelum melepaskan tembakan yang tak terjangkau penjaga gawang Fraser Forster.
 
Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.
 
Memasuki babak kedua, Jose Mourinho mempertimbangkan mengubah strategi dengan menarik Andre Schuerrle yang dinilai kurang efektif dan menurunkan Willian.
 
Pun demkian, babak kedua justru berjalan dengan tempo yang lebih pelan dibanding babak pertama.
 
Bahkan kedua tim tidak berhasil melepaskan satu pun tendangan tepat sasaran sepanjang 45 menit kedua, sehingga kedudukan 1-1 tidak berubah hingga laga usai.
 
Chelsea sebetulnya sedikit mendapatkan keuntungan saat gelandang Southampton Morgan Schneiderlin diganjar kartu kuning kedua pada menit 88, namun waktu normal yang hanya tersisa dua menit saja dan lima menit waktu perpanjangan tidak cukup bagi Chelsea untuk memanfaatkan keuntungan jumlah pemain.