Kopassus Ajak Masyarakat Tumbuhkan Upaya Sadar Lingkungan

Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Demi keberlangsungan dan keseimbangan kehidupan di muka bumi ini, terutama di bumi Indonesia, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) mengajak elemen masyarakat untuk bersama-sama menumbuhkan upaya sadar lingkungan. Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan penanaman pohon.

Hari Senin pagi (29/12), puluhan prajurit Grup 3 Kopassus  berbondong-bondong bergerak ke Yayasan Budiasi di bilangan Sentul, Bogor untuk mengambil ribuan bibit pohon yang akan dibawa ke Gunung Halimun, Sukabumi. Upaya Kopassus kali ini adalah mengoordinasikan dan memfasilitasi program penanaman pohon yang diminta oleh Kesepuhan Adat Banten melalui Yayasan Budiasi sebagai sumber bibit pepohonan.

Dari berbagai macam gerakan peduli lingkungan, penanaman pohon merupakan program populer Kopassus yang sering dilaksanakan bersama masyarakat baik dilingkungan teritorial satuan Kopassus maupun diluar teritorialnya. Sebagai wujud kepedulian terhadap komunitas dan lingkungan sekitar, Kopassus juga ingin berkontribusi menyelamatkan bumi dari ancaman pemanasan global.

Melalui program penanaman pohon, Kopassus sering kali bekerjasama dengan organisasi massa dan elemen masyarakat untuk menggalakkan program penghijauan secara terpadu. Kopassus memfasilitasi penanaman pohon hutan hujan tropis yang bisa tumbuh dengan cepat seperti sengon laut (Albazia falcataria), Rasamala, Mahoni Uganda, Kalpataru dan trembesi yang juga dikenal sebagai ki hujan (Samanea saman).