Diperkirakan Pesawat AirAsia Pecah Ketika Menyentuh Laut

Jakarta, Sayangi.com – Mantan pilot yang juga merupakan  ketua perusahaan konsultan penerbangan, Strategic Aviation Solutions, Neil Hansford, mengatakan diperkirakan pesawat AirAsia QZ8501 masih utuh ketika terhempas ke air.

“Fakta adanya puing-puing pesawat muncul menunjukkan bahwa pesawat baru pecah ketika menyentuh air, dan bukan di udara,” kata Neil kepada Reuters (Rabu, 31/12).

Perkiraan itu agaknya memperkuat teori yang menyebut bahwa pesawat Airbus jenis 320-200 itu mungkin mengalami stall aerodinamis karena kurang kecepatan atau terbang dengan sudut yang terlalu tajam untuk bisa mendapatkan daya angkat yang cukup.

Diketahui sebelumnya, tim Basarnas berhasil menemukan jenazah dan bagian serpihan pesawat AirAsia QZ8501. Anggota tim telah berhasil mengevakuasi sebuah obyek yang diduga pintu darurat atau emergency exit di Selat Karimata dekat Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, Selasa (30/12). Pesawat yang membawa total 162 orang itu diketahui kehilangan kontak dalam perjalanannya dari Surabaya ke Singapura.  

Kesimpulan sementara menyebut bahwa pesawat hilang kontak karena cuaca buruk yang akhirnya menyebabkan pesawat kehilangan kendali sebelum akhirnya terhempas ke laut. Hingga saat ini, operasi SAR fokus pada upaya evakuasi jasad korban dan pengumpulan puing-puing pesawat.