Jokowi Lantik Luhut Panjaitan Sebagai Kastaf Kepresidenan

Foto: Setkab

Jakarta,Sayangi.Com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal TNI (purn) Luhut Binsar Panjaitan sebagai kepala staf (Kastaf) Kepresidenan. Pelantikan Luhut dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (31/12) siang.

Sebelumnya, di tempat yang sama, Presiden Jokowi juga melantik Laksamana Madya Ade Supandi sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) menggantikan Laksamana TNI Marsetio yang memasuki masa pensiun pada Desember 2014.

Luhut Panjaitan adalah mantan menteri perindustrian di era Presiden KH. Abdurrahman Wahid. Pensiunan jenderal yang lama berkarir di Kopassus TNI AD ini memang dikenal memiliki hubungan dekat dengan Jokowi. Saat kampanye Pemilu Presiden 2014 lalu, Luhut bergabung dalam tim pemenangan Jokowi-JK, setelah sebelumnya melepas jabatannya sebagai wakil ketua dewan pertimbangan (Wantim) DPP Partai Golkar.

Sebagai Kastaf Kepresidenan, Luhut mendapat hak keuangan dan fasilitas setara dengan anggota kabinet.

Tampak hadir dalam pelantikan KSAL baru dan Kepala Staf Kepresidenan, antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulfiklfi Hasan, Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, Jaksa Agung Prasetyo, Menko PMK Puan Maharani, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Maritim Indroyono Soesilo, Mensesneg Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto.