Polisi Tangkap 11 Copet Saat Malam Tahun Baru di Bundaran HI

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta,Sayangi.Com– Aparat Kepolisian Polda Metro Jaya yang berpatroli di kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta pada saat malam pergantian tahun 2015 menangkap 11 pencopet yang beraksi di kerumunan warga.

“Kasus copet di Bundaran HI pada pergantian tahun kali ini berkurang dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 30 kasus,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, kepada wartawan, saat meninjau kawasan Bundaran HI Jakarta, Kamis (1/1) dini hari.

Selain kasus kecopetan, Rikwanto mengatakan terdapat 12 laporan kehilangan warga yang didominasi anak-anak berusia tujuh tahun hingga 12 tahun.

“Tapi sudah ketemu dengan anggota keluarga mereka,” katanya.

Menurut Rikwanto, penurunan kasus kecopetan maupun kasus kehilangan di Bundaran HI dipengaruhi pemasangan batas pagar besi oleh Polda Metro Jaya yang mengelilingi kolam Bundaran HI dan lampu sorot yang menerangi kerumunan warga.

“Dengan batas pagar besi seperti terdapat dalam konser musik itu, kami dapat segera menangkap copet ataupun menemukan anggota keluarga yang hilang,” katanya.

Rikwanto memaparkan, sebanyak 4.916 personil polisi dari Polda Metro Jaya bertugas di sepanjang jalan Sudirman dan M.H. Thamrin Jakarta Pusat untuk mengamankan penyelenggaraan Jakarta Night Festival (JNF) 2015 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Operasi Lilin oleh Polda Metro Jaya sejak Natal 2014 hingga Tahun Baru 2015 sampai saat ini aman dan lancar serta tidak ada kasus-kasus menonjol kecuali seperti copet di Bundaran HI ini,” katanya.

Penyelenggaraan JNF semalam berlangsung meriah. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok menyapa warga di Bunderan HI, dan selanjutnya berjalan kaki di tengah kerumunan massa menuju kawasan Monas bersama Wagub Djarot Saiful Hidayat dan sejumlah pejabat Pemprov.

Dalam sambutannya, Ahok sempat mengajak warga Jakarta untuk berdoa bagi para korban musibah pesawat AirAsia QZ8501, juga korban berbagai musibah bencana lainnya yang terjadi di Indonesia.