Malam Tahun Baru di Shanghai, 35 Tewas Akibat Berdesakan

Foto: AP

Shanghai,Sayangi.Com– Sedikitnya 35 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 40 lainnya cedera dalam perayaan malam Tahun Baru 2015 di Shanghai, Tiongkok Timur.

Kantor berita Xinhua, menyebutkan warga berdesak-desakan di kawasan Bund, di pinggiran sungai di kota tersebut, untuk menyaksikan pesta kembang api menandai datangnya tahun baru. Saat berdesakan tersebut, warga saling injak menginjak sehingga jatuh korban jiwa.

Penyebab saling injak menginjak itu masih sedang diselidiki oleh pihak berwenang. Pemerintah Kota Shanghai mengatakan insiden injak menginjak mulai terjadi pada Rabu (31/12) malam sekitar pukul 23.35 waktu setempat.

Xinhua melaporkan, seorang saksi mata mengatakan beberapa kupon yang terlihat seperti “uang dolar” dilemparkan dari satu jendela lantai tiga sebuah bangunan di dekat Bund dan orang-orang yang berdiri di tepi sungai mulai berebut untuk memperoleh kupon itu.

Sementara kantor berita Reuters melaporkan, para pejabat kota Shanghai bergegas ke lokasi kejadian dan ke rumah sakit untuk menjenguk orang yang cedera. Sebuah pertemuan darurat akan diselenggarakan guna memastikan langkah pengamanan di seluruh kota tersebut.

Gambar di Weibo, Twitter versi Tiongkok, memperlihatkan kerumunan orang yang sangat padat di sepanjang Bund, yang dikelilingi bangunan di tepi Sungai Huangpu.

Di beberapa gambar, pekerja pertolongan terlihat sedang berusaha menyelamatkan nyawa korban yang tergeletak di trotoar sementara beberapa ambulans menunggu di dekat mereka.

Pemerintah telah memperlihatkan keprihatinan mengenai pengendalian kerumunan orang dalam beberapa hari sebelum malam Tahun Baru. Mereka belum lama ini membatalkan pertunjukan tahunan laser 3D di Bund, yang pada tahun 2013 dihadiri sekitar 300.000 orang.

Saat fajar pada Kamis (1/1/2015), masih ada kerumunan orang dalam jumlah sedikit yang berusaha mendapatkan taksi untuk pulang ke rumah mereka sementara pekerja terlihat membersihkan sampah yang bertebaran di sekitar Bund. Hanya ada sedikit tanda kekacauan yang telah terjadi beberapa jam sebelumnya.