Basarnas: Sudah 10 Jenazah Penumpang AirAsia Ditemukan

Foto: Antara

Jakarta,Sayangi.Com– Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya F Henry Bambang Soelistyo mengatakan hingga Jumat (2/1) hari ini, sudah 10 jenazah penumpang AirAsia QZ8501 yang ditemukan.

“Hingga saat ini yang terkonfirmasi ke saya sudah 10 jenazah, delapan sudah berada di Surabaya, dua lainnya masih di rumah sakit di Pangkalan Bun,” kata Bambang Soelistyo, dalam keterangan pers di Kantor Pusat Basarnas, Jakarta, Jumat (2/1).

Dua korban yang berada di Pangkalan Bun, katanya, akan segera dibawa ke Surabaya.

Kepala Basarnas mengatakan, objek yang ditemukan hingga saat ini masih berupa serpihan pesawat, sementara tim evakuasi akan terus melakukan penyisiran di lokasi pencarian.

Basarnas juga akan memprioritaskan pencarian dengan luas area pencarian 1.575 mil persegi, untuk mencari badan pesawat termasuk menemukan black box AirAsia QZ8501 .

Sementara itu, Kepala Pusat Kedokteran Forensik Polri Brigjen Arthur Tampi, di Pangkalan Bun mengatakan, dua jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501 yang hari ini baru tiba di RSUD Imanuddin, sedang menjalani proses identifikasi. Kedua jenazah ditemukan KRI Yos Sudarso dan kapal milik Malaysia, KD Lekir.

Menurutnya, satu jenazah berjenis kelamin laki-laki dan satu jenazah lagi perempuan dewasa. Keduanya menggunakan cincin berlian di jarinya.

Jenazah laki-laki, kata Arthur, mengenakan kaus lengan pendek merah bertuliskan ‘vintage radio’ dan memakai dua cincin bermata berlian di jari manis kanan dan kiri berwarna silver.

Sedangkan jenazah perempuan dengan tinggi sekitar 155 sentimeter, memakai celana panjang biru dan kaus putih oblong, juga terdapat cincin di jari tengah tangan kirinya. Saat ini kedua jenazah masih berada di RSUD Imanuddin untuk menunggu perintah Basarnas terkait penerbangan ke Surabaya.