Jenazah Korban AirAsia Yang Ditemukan Bertambah Jadi 30

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.Com– Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo, Jumat sore, mengemukakan bahwa sudah ada 30 jenazah yang ditemukan oleh tim gabungan pencari korban dan pesawat AirAsia QZ8501 yang mengalami musibah kecelakaan di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

“Sampai saat ini, saya bisa mengkonfirmasi sudah ada 30 jenazah yang ditemukan,” kata Bambang Soelistyo, dalam keterangan pers di Kantor Basarnas, Jumat (2/1) sore.

Kepala Basarnas merinci posisi ke-30 jenazah yang telah ditemukan tersebut. Sepuluh diantaranya dalam proses penerbangan ke Surabaya, empat jenazah di Pangkalan Bun, tujuh jenazah di KRI Bung Tomo, satu di Kapal Diraja Pahang milik Malaysia, dan delapan jenazah sudah terlebih dahulu berada di Surabaya (termasuk jenazah Hayati Lutfiah yang sudah dimakamkan di Sidoarjo, dan jenazah pramugari Khairunisa yang sudah diterbangkan ke Palembang).

Menurut Bambang Soelistyo, setelah melihat perkembangan operasi di hari keenam, Basarnas semakin memfokuskan pencarian badan pesawat AirAsia QZ8501. Terutama setelah ditemukannya tiga jenazah di sektor prioritas, dimana dua jenazah diantaranya ditemukan dalam posisi berderet di kursi.

Sebelumnya, dalam rilis dari Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, disebutkan bahwa tiga jenazah ditemukan dalam satu deret kursi.

Selain penemuan jenazah, operasi tim gabungan hari ini juga menemukan beberapa serpihan badan pesawat. Namun Kepala Basarnas tak mau menyebutkan bagian pesawat apa saja yang telah ditemukan itu.

“Yang terpenting adalah data jumlah korban,” kata Soelistyo.