Asisten Menlu Tiongkok Dicopot karena Korupsi

Beijing, Sayangi.com – Asisten menteri luar negeri Tiongkok dicopot dari jabatannya dan sedang disidik, kata pemerintah Beijing, Jumat.

Zhang Kunsheng, salah seorang dari empat pejabat dengan posisi sama, “dituduh melanggar disiplin”, kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam lamannya, yang menggunakan frasa halus untuk mengganti kata korupsi.

Zhang sebelumnya menjadi berita utama karena membentak seorang diplomat Amerika Serikat pada 2012 terkait dengan kritik Washington tentang pasukan Tiongkok yang ditempatkan di Laut Tiongkok Selatan.

“Kami desak pihak AS untuk memperbaiki cara-caranya yang salah, hormati kedaulatan dan integritas teritorial Tiongkok,” kata Zhang kepada Robert Wang, yang waktu itu wakil duta besar AS.

Zhang bergabung dengan Kemlu Tiongkok tahun 1980-an. Ia telah bertugas di Brazil, Belanda, dan AS.

Laman kementerian itu menunjukkan bahwa peran Zhang sebagai kepala departemen protokol Kemlu, yang mengurusi upacara-upacara diplomatik, telah dipegang sementara oleh juru bicara Kemlu Qin Gang.

Pencopoton Zhang dari posisinya terjadi karena Presiden Xi Jinping menggalakkan kampanye antikorupsi yang banyak disiarkan oleh media. Sejumlah politisi papan atas juga terkena dampak dari kampanye tersebut.