Basarnas Temukan 2 Objek Besar Badan Pesawat AirAsia

Foto: Antara

Jakarta,Sayangi.Com– Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo menyatakan bahwa timnya telah berhasil mendeteksi dua objek cukup besar yang diduga merupakan potongan atau bagian dari pesawat AirAsia QZ8501, di sektor prioritas lokasi pencarian, di Selat Karimata.

“Posisi kedua objek berdekatan satu sama lain. Semua berada di kedalaman 30 meter. Dengan ditemukannya genangan minyak di lokasi tersebut, saya pastikan ini bagian dari pesawat AirAsia yang selama ini dicari,” kata Bambang Soelistyo, saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/1).

Bambang memaparkan, dari dua objek yang terdeteksi, satu berhasil dideteksi dalam tiga dimensi, satunya terdeteksi dalam dua dimensi. Objek yang terdeteksi dalam tiga dimensi berukuran 9,2 x 4,6 x 0,4 meter dan yang terdeteksi dalam dua dimensi berukuran 7,2 x 0,5 meter.

Saat keterangan ini disampaikan, menurut Bambang, tim gabungan sedang menurunkan ROV ke bawah permukaan air laut untuk mendapatkan gambaran sesungguhnya terhadap kedua benda tersebut. Namun penurunan ROV masih menemui kesulitan karena terhadang gelombang tinggi dan kuatnya arus di lokasi pencarian.

Bambang memaparkan kronologis penemuan dua objek besar yang terdeteksi pada Jumat malam sekitar pukul 23.40 WIB itu. Temuan itu, katanya, merupakan kesinambungan dari laporan dan temuan sebelumnya, mulai dari laporan pilot pesawat hercules TNI AU tentang adanya bayangan yang menyerupai badan pesawat hingga sinyal sonar yang mendeteksi logam di dasar lautan.