Ini 5 Hal Yang Perlu Anda Ucapkan Sebelum Tidur

Foto: Getty Images

Jakarta,Sayangi.Com– Saat kita merebahkan diri untuk tidur, sering kali tiba-tiba dibanjiri dengan berbagai pikiran negatif, skenario terburuk, dan daftar masalah yang melayang-layang.

Terus merenungkan kekhawatiran saat kepala sudah di atas bantal dapat menempatkan Anda di jalur cepat menuju malam yang gelisah. Solusi untuk bisa tidur nyenyak dan hanyut ke alam mimpi, bisa jadi, terletak pada apa yang Anda katakan kepada diri sendiri sebelum merangkak ke dalam selimut.

Jika Anda sedang mencari sedikit ketenangan sebelum menutup mata, cobalah ucapkan lima mantra sebelum tidur ini, yang disadur dari artikel Linda Jones di laman Huffingtonpost.

1. “Saya bersyukur untuk …”

Terus berlatih untuk mengekspresikan rasa syukur dapat meningkatkan kadar kebahagiaan kita, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperkuat hubungan kita dengan Tuhan. Dan, ya, itu juga dapat membantu kita tidur lebih baik.

Sebelum beranjak tidur, refleksikanlah apa saja yang membuat Anda bersyukur hari itu. Atau, lebih baik lagi, menuliskannya. Maka Anda akan melihat sisi terang, walau tertidur dalam gelap.

2. “Biarkan saja.”

Pernahkah Anda mendengar nasihat “jangan pernah tidur saat marah”? Sebuah penelitian tahun 2012 menunjukkan bahwa merefleksikan emosi negatif setelah merangkak ke tempat tidur akan membuat waktu istirahat tidak cukup.

Anda tidak harus menyelesaikan semua konflik sebelum tidur. Yang Anda butuhkan adalah jeda beberapa waktu untuk memikirkannya, dan bersihkan pikiran dari kecemasan sebelum memejamkan mata. Pastikan pikiran Anda tenang sebelum menyentuh bantal.

3. “Saya kuat…”

Ucapkan: “Saya orang yang kuat.” Atau kata sifat lain seperti “baik”, “berani”, dan “mencintai pekerjaan”. Intinya adalah kata-kata positif yang merefleksikan prestasi, kekuatan dan karakteristik Anda. Sebuah studi 2014 menunjukkan bahwa penerimaan diri sangat penting untuk kehidupan yang lebih bahagia, namun ironisnya, kita jarang melatihnya.

Kita semua bisa menggunakan sedikit dorongan. Bukankah pikiran-pikiran positif jauh lebih baik dibandingkan terus berpikir tentang kecelakaan di tempat kerja?

4. “Bagaimana saya bisa membuat lebih baik?”

Jika Anda punya kebiasaan kreatif, cobalah bertanya pada diri sendiri tentang sesuatu yang spesifik yang Anda ingin pecahkan sebelum beranjak tidur.

Menurut penulis buku laris Steven Kotler, solusi Anda mungkin terletak pada otak saat kita tertidur, melalui bermimpi. “Cukup mudah untuk menanyakan pada sistem intrinsik. Mau diucapkan dengan keras, atau dalam hati, tidak masalah,” katanya.

Anda tinggal berbaring, dan “aha!” Anda tahu apa yang harus dikerjakan untuk membuat keadaan lebih baik.

5. “Dapatkan ketenangan…”

Jika Anda mengalami sedikit guncangan dan butuh berpaling untuk sementara waktu, Anda mungkin menemukan pelipur lara dengan berfokus pada kalimat yang menenangkan. Menurut ahli kesehatan, Deepak Chopra, ulangi kata-kata yang menenangkan diri sendiri itu dalam hati.

Jika Anda tiba-tiba terganggu, fokuskan kembali pikiran Anda dan ulangi kalimat itu dengan lembut.

Selamat mencoba…