Panglima TNI Kunjungi Kapal USS Sampson dan KRI Banda Aceh

Foto: Ant

Pangkalan Bun, Sayangi.com – Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Selasa, mengunjungi Kapal USS Sampson milik Amerika Serikat dan KRI Banda Aceh menggunakan helikopter Seahawk milik Amerika.

Kunjungan tersebut sebagai bentuk terima kasih terhadap bantuan negara asing dalam mencari dan mengevakuasi penumpang maupun bodi pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh ke laut, katanya setelah tiba di Lanud Iskandar Pangkalan Bun.

“Sebenarnya saya ingin mengunjungi seluruh kapal negara lain yang ikut mencari AirAsia, namun karena keterbatasan waktu terpaksa hanya ke USS Sampson dan KRI Banda Aceh,” tambah dia.

Mengenai batas waktu untuk pencarian dan evakuasi penumpang maupun pesawat Airasia, Jenderal Moeldoko tidak dapat memastikan dan tergantung dari Badan SAR Nasional (Basarnas).

Dia mengatakan TNI angkatan Darat, Laut dan Udara akan selalu membantu hingga seluruh penumpang, kerangka maupun kotak hitam pesawat Airasia. Hal itu dilakukan karena melihat harapan dan keinginan dari keluarga penumpang agar seluruh jenasah dapat dievakuasi.

“TNI juga siap memfasilitasi keluarga penumpang Airasia jika ingin menabur bunga di lokasi jatuhnya pesawat tersebut. Kami siapkan semua. Kapal maupun Hercules,” demikian Moeldoko.