24 DPW PAN Dukung Hatta Rajasa Jadi Ketum Kembali

Foto: Antara

Jakarta,Sayangi.Com– Dinamika di tubuh Partai Amanat Nasional (PAN) menghangat menjelang pelaksanaan Kongres yang akan dilaksanakan di Bali pada 28 Februari-2 Maret mendatang.

Sebanyak 24 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN, Kamis (8/1), mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum PAN Hatta Rajasa untuk memimpin kembali DPP PAN periode 2015-2020. Sebelumnya, dukungan kepada Hatta juga disampaikan oleh Poros Muda PAN dan 4 dari 5 organisasi otonom (Ortom) yang memiliki hak suara di Kongres PAN.

DPW PAN yang menyatakan dukungan kepada Hatta adalah Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

“Bang Hatta adalah kader terbaik PAN saat ini. Kiprah politiknya di pentas nasional sangat membanggakan,” kata Ketua DPW PAN Provinsi NTT Eurico Guterez, yang menjadi juru bicara pada deklarasi dukungan DPW PAN kepada Hatta Rajasa, di Hotel Puri Denpasar, Jakarta, Kamis (8/1).

Menurut Eurico, Hatta terbukti mampu meningkatkan perolehan suara partai pada pemilihan legislatif 2014 hingga 53 persen, dari 6,4 juta menjadi 9,5 juta suara, serta meningkatkan perolehan kursi parlemen, baik di tingkat nasional maupun tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Eurico mengklaim, sebagaian besar DPW dan DPD mendukung Hatta Rajasa untuk kembali menjadi ketum PAN periode 2015/2020. Namun, katanya, tidak semua perwakilan DPD bisa hadir langsung untuk menyatakan dukungan karena sudah diwakili oleh DPW.

Dukungan dari mayoritas DPW dan organisasi otonom PAN kepada Hatta Rajasa ini, bertolak belakang dengan arahan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PAN Amien Rais yang mengharapkan Hatta Rajasa tidak mencalonkan lagi sebagai ketua umum.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Amien Rais mengisyaratkan dukungan kepada Zulkifli Hasan untuk menjadi Ketua Umum DPP PAN periode mendatang. Amien lebih setuju jika Hatta Rajasa tidak mencalonkan lagi di Kongres mendatang dan masuk ke Majelis Pertimbangan Pusat PAN.

“Kalau tanya saya, saya cenderung sebaiknya lima tahun cukup. Yang lebih senior (Hatta Rajasa) melambung ke MPP, junior (Zulkifli Hasan) jadi ketum. Plotting saya seperti itu,” kata Amien Rais, usai pembukaan Rakernas PAN di Jakarta, Rabu (8/1) malam.